Kompas TV nasional rumah pemilu

Khawatirkan Hal Ini, AHY Ungkap Alasan Ingin Segera Deklarasikan Bakal Cawapres Anies

Kompas.tv - 7 Juni 2023, 20:08 WIB
khawatirkan-hal-ini-ahy-ungkap-alasan-ingin-segera-deklarasikan-bakal-cawapres-anies
Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY saat konferensi pers di Markas Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kanal YouTube Partai Demokrat.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY mengakui pihaknya menginginkan bakal calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan segera diumumkan dalam waktu dekat.

Hal ini didasari adanya kekhawatiran terjadi upaya penggagalan Koalisi Perubahan untuk Persatuan serta pencapresan Anies di Pilpres 2024 mendatang.

Pernyataan ini disampaikan AHY dalam konferensi pers di Markas Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2023).

"Apakah semangat kesegeraan ini satu napas dengan kekhawatiran terjadinya upaya penggagalan koalisi perubahan dan pencapresan Anies Baswedan, bisa jadi," kata AHY.

"Saya tidak ingin terlalu berandai - andai tapi saya kembali ke tesis dasar, logikanya adalah dengan semakin cepat bersatu terintegrasi baik sistem maupun orang per orang, maka harusnya seiring dengan tingkat atau kans kesuksesan lebih baik," tuturnya.

Sebaliknya, menurut putra Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini, jika kurang waktu, dirasa koalisi Perubaan untuk Persatuan harus bekerja jauh rumit lagi.

"Saya tadi berkelakar sekaligus menjadi pengingat kita semua, Indonesia itu luas bukan negara kontinental yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat saja. Seringkali lewat udara maupun Laut," jelasnya.

Terlebih, kata dia, jumlah penduduk Indonesia besar yakni mencapai 200 juta orang, di mana jika berusaha merebut satu persen saja artinya harus memenangkan 2 juta suara. 

Baca Juga: Tiga Berita Demokrat: AHY Masuk Bursa Bacawapres Ganjar, Pesan Mahfud MD dan Ancaman Andi Arief

Melihat hal itu, AHY mengatakan, dengan masa kampanye yang hanya 75 hari, maka hal itu dirasa tidak cukup waktu.

"Tadi diamini teman-teman relawan KIB (Kuning Ijo Biru) bahwa 75 hari saja tidak cukup. Dengan demikian perlu mesin yang bekerja dengan sangat efektif," sambung dia.

AHY menambahkan, Koalisi Perubahan akan terus mengejar waktu mencari kesepakatan. Nama Cawapres pun diharapkan segera diputuskan.

"Jadi insyaallah kalau kita semakin solid, semakin bisa segera menyatakan bahwa tiga partai ini siap mengusung pasangan yang juga siap bertempur dalam pilpres nanti rasanya jauh lebih baik. Dan kita bisa bekerja dengan lebih giat lagi dan lebih terukur," ucapnya.

"Kalau hantaman ujian masalah yang dihadapi setiap parpol saya rasa pasti ada," katanya.

Seperti diketahui, Koalisi Perubahan untuk Persatuan digawangi Partai Demokrat, PKS, dan NasDem.

Koalisi Perubahan telah memutuskan untuk mengusung Anies Baswedan sebagai bakal capres untuk Pilpres 2024 mendatang.

Diketahui, saat ini Anies Baswedan sudah mengantongi satu nama cawapres. 

Baca Juga: Puan Bocorkan Nama yang Masuk Bursa Cawapres Ganjar Pranowo: Ada Mahfud MD, Sandiaga Uno hingga AHY




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x