Kompas TV nasional rumah pemilu

Sekjen PDIP Sebut PAN Usulkan Erick Thohir untuk Jadi Bakal Cawapres Ganjar

Kompas.tv - 5 Juni 2023, 07:34 WIB
sekjen-pdip-sebut-pan-usulkan-erick-thohir-untuk-jadi-bakal-cawapres-ganjar
Sekjen DPP PDI-P Hasto Kristiyanto dalam konferensi pers pengumuman paslon Pilkada 2020, Rabu (2/9/2020). (Sumber: Dokumen DPP PDI-P/Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Partai Amanat Nasional (PAN) mengusulkan nama Menteri BUMN Erick Thohir untuk menjadi bakal cawapres dari Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. 

Hal ini disampaikan Hasto saat menjawab pertanyaan wartawan mengenai kapan waktu pasti kunjungan balasan DPP PDIP ke DPP PAN. 

"Ya nama seperti Pak Erick Thohir memang diusulkan oleh Partai Amanat Nasional untuk sebagai salah satu bakal calon wakil presiden," kata Hasto.

Baca Juga: Elektabilitas Erick Thohir Semakin Naik, PAN Semakin Yakin Usung Jadi Cawapres

Namun, Hasto tak menjelaskan apakah dalam kunjungan balasan PDIP ke PAN bakal membahas peluang Erick Thohir sebagai bakal cawapres. 

Sebab, menurutnya akan lebih baik jika pembahasan Erick Thohir dilakukan dengan mekanisme di internal PAN terlebih dulu. 


 

"Dan itu lah yang akan dilakukan dan di dalam kunjungan balasan dari PDI Perjuangan ke Partai Amanat Nasional tentu juga menunggu proses mekanisme internal dari PAN," ujar Hasto seperti dikutip dari Kompas.com, Minggu (4/6/2023).  

Selain itu, ia juga enggan menjelaskan secara detail ihwal partai politik (parpol) apa yang akan bergabung mendukung bakal capres Ganjar di pesta demokrasi nanti. 

Diketahui, kini Ganjar sudah mendapatkan dukungan dari PDIP dan PPP untuk berlaga di Pilpres 2024.

"Ya partai yang memang juga di dalam pemenangan pemilu 2019 yang lalu juga telah berperan aktif di dalam mendukung Pak Jokowi dan Maruf Amin," kata Hasto. 

Sebelumnya diberitakan, Sekretaris Fraksi PAN DPR RI Eko Hendro purnomo atau Eko Patrio menegaskan sikap partainya untuk mengusung Erick Thohir sebagai cawapres untuk Pilpres 2024. 

Baca Juga: Ranting Jadi Ujung Tombak PDIP, Ganjar Izin Blusukan ke Gang-Gang

Ketua DPW PAN DKI Jakarta ini menyebutkan, siapapun presidennya, wakilnya tetap Erick Thohir. 

"PAN DKI Jakarta masih istiqomah dengan Pak Erick Thohir sebagai Cawapres dari PAN, siapapun presidennya wakil presidennya harus Erick Thohir," kata Eko Patrio dalam siaran pers, Sabtu (3/6/2023).




Sumber : Kompas.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x