Kompas TV nasional rumah pemilu

Ganjar ke Anies: Kalau Sudah Niat Nyalon Jangan Takut

Kompas.tv - 2 Juni 2023, 13:39 WIB
ganjar-ke-anies-kalau-sudah-niat-nyalon-jangan-takut
Bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dalam konsolidasi partai di Kantor DPD PDI Perjuangan Banten, Sabtu (27/5/2023). (Sumber: ANTARA/HO-PDIP)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Bakal capres dari PDIP Ganjar Pranowo merespons pernyataan Anies Baswedan yang mengaku khawatir dengan sikap Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang akan cawe-cawe di Pemilu 2024. 

Menurut dia, sebagai seorang calon pemimpin yang sudah menyatakan niat untuk maju di pesta demokrasi seharusnya tak boleh takut dalam menghadapi setiap dinamika politik yang terjadi. 

“Dalam kontestasi pemilu apapun bisa terjadi, jadi kalau sudah mau nyalon jangan takut dengan isu apapun,” kata Ganjar di Jakarta seperti dikutip dari YouTube Kompas TV, Kamis (1/6/2023). 

Baca Juga: Soal Jokowi Cawe-cawe di Pilpres 2024, Jimly Asshiddique: Tidak Ada Larangan secara Hukum, tapi....

Gubernur Jawa Tengah itu memastikan bila Presiden Jokowi tak akan melakukan intervensi yang berlebihan saat pelaksanaan pesta demokrasi nanti. 

“Kalau soal cawe-cawe sebagai kader partai pasti beliau cawe-cawe, karena punya hak politik."

“Tapi kalau cawe-cawe yang selama ini diartikan akan mengintervensi politik dalam arti keseluruhan dalam arti tidak fair, itu tidak mungkin terjadi,” kata Ganjar.

Sebelumnya, Anies mengungkapkan sejumlah kekhawatiran masyarakat usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) pilih cawe-cawe di pemilu 2024.

Menurut Anies, kekhawatiran yang muncul seperti kriminalisasi, perlakuan terhadap caleg tidak adil, calon presiden yang mendapat perlakuan tidak adil hingga potensi kekhawatiran lain yang muncul jika presiden dianggap tidak netral.


 

“Presiden mengambil sikap untuk tidak netral dan akan cawe-cawe. Sejak malam sampai siang kami banyak menerima ungkapan aspirasi dan kekhawatiran,” ujar Anies dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (30/5/2023).

Baca Juga: Mahfud Pastikan Cawe-Cawe Presiden Jokowi di Pilpres 2024 Bukan buat Jegal Anies

“Kekhawatiran kriminalisasi, tidak netral penyelenggaraan pemilu. Caleg-caleng yang dapat perlakuan tidak fair. Calon presiden yang dapat perlakuan tidak fair. Potensi terjadinya kecurangan. Semua itu dikhawatirkan muncul akibat adanya pernyataan bahwa tidak netral dan cawe-cawe,” lanjutnya.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x