Kompas TV nasional peristiwa

Desain Bertema Pohon Hayat Terpilih Jadi Logo IKN Nusantara, Ini Maknanya

Kompas.tv - 30 Mei 2023, 23:55 WIB
desain-bertema-pohon-hayat-terpilih-jadi-logo-ikn-nusantara-ini-maknanya
Presiden RI Joko Widodo (tengah) berfoto dengan sejumlah desainer finalis sayembara logo IKN Nusantara dilatari logo bertema pohon hayat yang diumumkan sebagai pemenang di Istana Negara, Jakarta, Selasa (30/5/2023). (Sumber: Antara/Gilang Galiartha)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Desain bertema pohon hayat terpilih menjadi logo Ibu Kota Negara Nusantara. Hal tersebut diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (30/5/2023). 

"Logo yang terpilih bertema pohon hayat, yang didesain oleh Mas Aulia Akbar," kata Jokowi saat mengumumkan hasil sayembara logo IKN Nusantara, dikutip dari Antara. 

Secara makna, logo pohon hayat tersebut memiliki lima akar di bagian bawah mewakili Pancasila, tujuh batang di bagian tengah sebagai representasi tujuh pulau besar di Indonesia, serta bunga 17 kelopak di bagian atas yang berarti tanggal kemerdekaan Republik Indonesia. 

Baca Juga: Singapura Ingin Investasi ke Pembangunan IKN Nusantara

Jokowi berharap logo ini bisa menginspirasi IKN Nusantara untuk menciptakan kehidupan baru sekaligus simbol kehidupan bagi seluruh masyarakat Indonesia di masa mendatang. 

"Menumbuhkan rasa bangga dengan jati diri bangsa sebagai negara besar, bangsa yang besar, bangsa yang majemuk, dan menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga alam, lingkungan, beserta ekosistemnya," sambung Jokowi.

Sebagai informasi, Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Suantono menjelaskan, sayembara logo IKN Nusantara menarik lebih dari 500 desainer yang kemudian disaring oleh tim kurator dari Asosiasi Desainer Grafis Indonesia. 

Lalu, terpilihlah 10 desainer untuk mempresentasikan makna logo mereka yang selanjutnya dipilih lima terbaik oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga: Jokowi: Ibu Kota Pindah ke IKN Nusantara Bukan Gagasan Saya, Tapi Bung Karno

Jokowi kemudian membuat jajak pendapat warga mulai 4 April sampai 20 Mei dan terkumpul sedikitnya 500.260 suara pemilih logo IKN Nusantara. 

"Logo pemenang memperoleh sebanyak 133.069 voters atau sekitar 26,6 persen," ujar Bambang.

Aulia Akbar sendiri merupakan salah satu pendiri rumah desain POT Branding House. Sebagai pemenang, ia berhak mengantongi hadiah uang senilai Rp185 juta.


 

 



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x