Kompas TV nasional rumah pemilu

Waketum PKB: Kami Ingin Foto Cak Imin Ada di Surat Suara Pilpres 2024

Kompas.tv - 9 Mei 2023, 15:45 WIB
waketum-pkb-kami-ingin-foto-cak-imin-ada-di-surat-suara-pilpres-2024
Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar menjawab pertanyaan saat diwawancara oleh media. ANTARA/HO-Tim Dokumentasi Wakil Ketua DPR RI (Sumber: Tim Dokumentasi Wakil Ketua DPR RI via ANTARA)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan, pihaknya tak mendaftarkan nama ketua umumnya, Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon anggota legislatif (Caleg) pada Pemilu 2024. 

Baca Juga: Silaturahmi ke Jusuf Kalla, Cak Imin: Koalisi Besar Masih Diusahakan

Ia menyebut, pihaknya ingin pria yang karib disapa Cak Imin itu fotonya berada di dalam surat suara Pilpres 2024. 

Untuk pertama kalinya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar akan meninggalkan gelanggang Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) pada Pemilu 2024. 

Partai memutuskan untuk tidak lagi mencalonkan Muhaimin setelah terpilih sebagai anggota legislatif dalam lima pemilu berturut-turut sejak 1999 hingga 2019. 

"Kami ingin foto Gus Muhaimin (Cak Imin) ada di kertas suara Pilpres 2024,” kata Jazilul seperti dikutip dari Kompas.id, Senin (8/5/2023).

Berdasarkan kajian dan analisis PKB, hingga saat ini tidak ada capres dan cawapres pilihan publik yang memiliki tingkat elektabilitas dominan. 

Oleh karena itu, semua tokoh potensial berpeluang untuk maju dan memenangi Pilpres 2024. Tidak terkecuali Cak Imin.

Selain itu, kata Jazilul, PKB juga membidik efek ekor jas yang bisa didapatkan partai jika Muhaimin maju sebagai capres atau cawapres. 

Dalam gelaran pemilu serentak, ia meyakini bahwa majunya kader dalam kontestasi pilpres bisa berbuah tambahan suara bagi partai. PKB pun sudah menghitung, langkah tersebut akan lebih menguntungkan secara elektoral.

“Dalam rezim pemilu serentak, ada coattail effect (efek ekor jas)-nya. Kami sudah buat rencana dan kalkulasinya dengan target 100 kursi DPR RI,” ujar Jazilul.

Sebagai informasi, coattail effect atau efek ekor jas adalah istilah umum yang merujuk kepada hasil yang diraih oleh suatu pihak dengan cara melibatkan tokoh penting atau tersohor, baik langsung maupun tidak langsung, melalui suatu perhelatan.

Selama berkontestasi dalam lima pemilu terakhir, Muhaimin selalu berpindah daerah pemilihan (Dapil) yang ada di Jawa Timur. 

Baca Juga: Kunjungi Jusuf Kalla, Cak Imin Mengaku Dapat Sejumlah Nasihat Politik

Terakhir pada Pemilu 2019, ia bertarung di Dapil Jawa Timur VIII yang terdiri dari Kabupaten Jombang, Madiun, Mojokerto, Nganjuk, serta Kota Madiun dan Mojokerto.

Untuk mengamankan perolehan suara di dapil Muhaimin, kata Jazilul, PKB sudah menyiapkan calon anggota legislatif (caleg) dari tokoh nasional dan pengusaha. Akan tetapi, ia belum bisa menyebutkan sosok yang dimaksud.




Sumber : Kompas.id




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x