Kompas TV nasional politik

Jika Pemilu Digelar Hari Ini, Survei SMRC Sebut 20,9 Orang Belum Tentukan Pilihannya ke Parpol

Kompas.tv - 18 Desember 2022, 16:12 WIB
jika-pemilu-digelar-hari-ini-survei-smrc-sebut-20-9-orang-belum-tentukan-pilihannya-ke-parpol
Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk “Trend Elektabilitas Partai” menyebut persentase responden yang belum memilih 20,9 persen. (Sumber: SMRC)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk 'Trend Elektabilitas Partai' menyebut persentase responden yang belum memilih partai politik mencapai 20,9 persen.

Survei tersebut dilaksanakan secara tatap muka pada 3 - 11 Desember 2022, dengan populasi survei seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Hasilnya menyatakan, jika pemilu diadakan sekarang, maka 20,9 persen responden belum mengetahui pilihannya.

Jumlah itu menjadi persentase terbesar atau lebih tingi daripada persentase Partai Golkar,  Gerindra, Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan partai politik lain.

Baca Juga: Respons Demokrat soal Elektabilitas AHY yang Tinggi dalam Survei Cawapres di Jawa: Simbol Perubahan

Masih dari survei yang sama, jika pemilu dilaksanakan hari ini, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendapat dukungan terbesar, yakni 24,1 persen.

Parpol yang menduduki posisi kedua adalah Golkar dengan 9,4 persen, kemudian Gerindra 8,9 persen, Demokrat 8,9 persen, PKS 6,2 persen, PKB 6,1 persen, Perindo 4,6 persen, Nasdem 3,2 persen.


 

Di bawahnya lagi ada PPP dengan dukungan 2,9 persen, dan PAN 1,7 persen. Sementara partai-partai lain mendapat dukungan di bawah 1 persen.

Dukungan ke PDIP naik

Dalam presentasinya, Direktur Riset SMRC, Deni Irvani menjelaskan dukungan pada PDIP naik dari 19.3 persen menjadi 24,1 persen.

“Elektabilitas Demokrat juga sedikit naik dari 7,8 persen menjadi 8,9 persen, atau relatif stabil. Sementara partai-partai lain yang ada di parlemen cenderung menurun,” jelasnya dikutip dari keterangan tertulis SMRC.

Deni juga menjelaskan, setiap partai masih punya peluang menaikkan dukungan, karena masih ada sekitar 20,9 persen warga yang saat ini belum menentukan pilihan.

Baca Juga: Survei Politracking Indonesia: Hasil Survei Anies dan Ganjar Kejar-Kejaran, Berikut Selengkapnya..

Survei tersebut menggunakan metode random (stratified multistage random sampling) dengan jumlah responden sebanyak 1.220 orang. 

Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1029 atau 84%.

Sebanyak 1029 responden ini yang dianalisis. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling).



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x