Kompas TV nasional hukum

Densus 88 Tangkap 9 Orang Terduga Teroris di Sumut

Kompas.tv - 16 Desember 2021, 23:20 WIB
densus-88-tangkap-9-orang-terduga-teroris-di-sumut
Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan. (Sumber: Komps.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap sembilan terduga teroris di wilayah Sumatra Utara.

"Total penangkapan sembilan orang di Sumut. Tujuh orang ditangkap di wilayah Medan, seperti Langmat, Binjau, Belawan dan Medan Barat. Dua orang lainnya di wilayah Tanjung Balai," jelas Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan, saat dikonfirmasi, Kamis (16/12/2021).

Ramadhan menyebutkan, penangkapan terduga berlangsung hari ini, dimulai pukul 08.00 WIB. Saat ini, seluruh terduga dibawa ke Polda Sumatra Utara untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Namun demikian, Ia mengatakan belum diketahui keterlibatan sembilan terduga, termasuk jaringan kelompok terorisnya.

"Jaringannya belum diinfokan, semua target diamankan di Polda Sumut," ucapnya.

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Seorang Terduga Teroris Jaringan JI saat Sembunyikan Buron di Lampung

Adapun, Kepolisian Daerah Kepulauan Riau juga membenarkan penangkapan terduga teroris oleh Densus 88 di Kota Batam pada Kamis.

Kasubdid Penmas Bid Humas Polda Kepri Kompol Robby Topan Manusiwa menyatakan pihaknya turut membantu proses penangkapan terduga teroris di Batam.

"Benar dilakukan penangkapan oleh Densus 88 Satgas Wilayah Kepri, di-'back up' Polda Kepri," kata dia dalam pesan singkat kepada Antara.

Sayangnya, ia masih enggan merinci informasi terkait penangkapan terduga teroris. "Masih akan melakukan pengembangan, informasi lebih lanjut akan segera disampaikan," terangnya.

Sebelumnya, polisi telah menangkap juga lima tersangka teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI) di kawasan Lampung dan Sumatra Selatan. Empat tersangka diketahui bertugas untuk mengamankan buron teroris lain yang tengah diburu.

Baca Juga: Densus 88 Bekuk Terduga Teroris di Palembang, Belasan Buku Kajian hingga Anak Panah Diamankan

 




Sumber : Kompas TV/Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x