Kompas TV nasional kesehatan

Kemenkes Klaim Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Telah Tembus 200 Juta Dosis

Kompas.tv - 5 November 2021, 21:46 WIB
kemenkes-klaim-vaksinasi-covid-19-di-indonesia-telah-tembus-200-juta-dosis
Kemenkes Sebut Vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah mencapai 200 Juta dosis (Sumber: Pen Lanal Banjarmasin)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan jumlah capaian vaksiniasi Covid-19 di Indonesia telah menyentuh lebih dari 200 juta suntikan dalam 11 bulan terakhir ini.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kemenkes, Widyawati menyebut cakupan vaksinasi tersebut dapat dicapai berkat usaha dan gotong royong dengan semua pihak, terutama TNI/Polri, pemerintah daerah, BUMN dan pihak swasta yang turut membantu.

Dia berujar, Kemenkes, per 5 November 2021 pukul 12.00 WIB mencatat sebanyak 123,4 juta orang telah menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama.

Sementara itu baru 77,1 juta orang yang menerima suntikan dosis kedua, serta 1,1 juta orang yang telah disuntik dosis ketiga.

"Dengan demikian, jumlah suntikan vaksinasi Covid-19 di tanah air telah mencapai 201,6 juta suntikan," kata Widyawati, dalam keterangan resminya, Jumat (5/11/2021). 

Lebih lanjut, Widyawati memastikan bahwa pemerintah akan terus berusaha memperkuat ketersediaan vaksin guna memperlancar program vaksinasi nasional.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta: Siap Berikan Dukungan dan Melakukan Keputusan Pusat Terkait Vaksin Anak

“Kami terus mengupayakan ketersediaan vaksin baik lewat skema multilateral maupun bilateral demi mencukupi stok yang ada saat ini dan menjaga laju vaksinasi sesuai dengan stok vaksin yang ada,” ujarnya.

Widyawati pun menuturkan pihaknya terus berupaya meningkatkan percepatan vaksinasi dengan membuka vaksinasi massal atau sentra vaksinasi di banyak tempat.

Hal tersebut, kata dia, dilakukan melalui kerja sama dengan berbagai elemen masyarakat.

Tak hanya itu, Widyawati mengatakan, Kemenkes juga telah mengeluarkan surat edaran yang menginstruksikan seluruh pos pelayanan vaksinasi, Unit Pelaksana Teknis di bawah Kemenkes, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), RS Vertikal, Poltekkes, di seluruh Indonesia.

Adapun tujuannya yakni untuk melakukan vaksinasi kepada semua target sasaran tanpa memandang domisili atau tempat tinggal pada KTP.

“Pemerintah terus mengupayakan ketersediaan vaksin dan mempercepat program vaksinasi sehingga semakin banyak masyarakat terlindungi,” tegasnya. 

Baca Juga: Politikus PDIP Desak Kemenkes Percepat Vaksinasi Terhadap Anak Usia 6-11 Tahun

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x