Kompas TV nasional peristiwa

Satgas Covid-19 Terima Bantuan 5 Unit Ambulans dari Astra

Kompas.tv - 9 Agustus 2021, 02:05 WIB
satgas-covid-19-terima-bantuan-5-unit-ambulans-dari-astra
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Ganip Warsito (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Satgas Penanganan Covid-19 menerima bantuan 5 unit ambulans dari PT Astra International Tbk sebagai upaya dukungan terhadap percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia.

Dalam siaran pers yang dilakukan secara daring, Kepala BNPB yang sekaligus merupakan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito mengatakan, keberadaan ambulans sangat penting khususnya bagi penanganan pasien Covid-19.

"Terkait dengan kecepatan penanganan pasien, keberadaan dan fungsi ambulans menjadi sangat penting. Di saat kita berpacu dengan waktu, maka bantuan 5 unit ambulans dari PT Astra Internasional ini akan sangat penting dan bermanfaat sebagai moda penyambung penanganan pasien Covid-19," kata Ganip Warsito, Minggu (8/8/2021).

Ganip juga menyebutkan soal pekerjaan rumah yang sedang ditangani oleh Satgas Covid-19 saat ini, yakni soal pemantauan pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri.

Baca Juga: Sebut Tak Ada Pelanggaran, Wagub DKI Bantah Temuan BPK Soal Pemborosan Anggaran Masker & Rapid Test

Oleh karena itu, kata Ganip, demi memastikan pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri mendapat fasilitas yang memadai serta pemantauan kesehatan. Satgas Covid-19 menyediakan tempat isolasi terpusat di beberapa daerah.

Kendati demikian, pihaknya juga turut berupaya memantau kondisi kesehatan bagi pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah terutama mengantisipasi adanya perburukan.

"Hal ini sangat penting agar kita dapat memastikan bahwa mereka yang isolasi mandiri di rumah terpantau kondisi kesehatannya dan jika terjadi pemburukan bisa segera ditangani oleh Fasilitas Kesehatan dekat sesuai dengan tingkat gejala yang dialami," tambahnya.

Tak hanya itu, Ganip juga mengucapkan terima kasih kepada PT Astra Internasional yang sudah memberikan bantuan 5 unit ambulans dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga: Serukan Masyarakat Ikuti Vaksinasi, Ganip Warsito: Agar Diri Kita Terlindungi dari Covid-19

"Atas nama BNPB dan Satgas Covid-19 Nasional, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas bantuannya. Semoga kontribusi dari PT Astra Internasional ini akan membuat penanganan Covid-19 ke depan lebih baik lagi," imbuh Ganip.

Diketahui sebelumnya, dilansir dari laman resmi Astra, melalui Nurani Astra secara bertahap menyerahkan berupa 50 ventilator senilai Rp20,8 miliar ke berbagai wilayah di 18 provinsi di Indonesia.

Penyerahan bantuan tahap kelima tersebut merupakan kontribusi Astra membantu pemerintah dan masyarakat dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

Adapun bantuan tahap pertama hingga keempat, Astra telah menggelontorkan dana senilai total Rp131 miliar pada periode Maret hingga Mei 2020.

Baca Juga: Panduan Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Lonjakan Pendemi Covid-19

Sementara puluhan ventilator, diberikan kepada belasan provinsi, yaitu Aceh, Sumatra Utara, Riau, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Lalu, Nusa Tenggara Barat, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan Papua.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x