Kompas TV nasional update corona

GeNose Kini Hadir di 2 Stasiun Ini

Kompas.tv - 11 Maret 2021, 14:14 WIB
genose-kini-hadir-di-2-stasiun-ini
Soft launching penggunaan GeNose di Stasiun Tugu Yogyakarta dimanfaatkan oleh para calon penumpang (Sumber: istimewa)
Penulis : Dina Karina

JAKARTA, KOMPAS.TV- PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali menambah stasiun yang menyediakan layanan GeNose. Yaitu di Stasiun Jember dan Stasiun Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. 

Layanan GeNose sebagai syarat perjalanan di kedua stasiun itu sudah bisa digunakan mulai Rabu, 10 Maret 2021.

Sehingga kini total ada 14 stasiun  yang menyediakan GeNose. Yaitu Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Jember dan Ketapang.

"Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ini dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi pelanggan di masa pandemi COVID-19," kaya VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/3/2021).

Baca Juga: GeNose akan Digunakan di Bandara per 1 April 2021

Pemeriksaan GeNose C19 di stasiun merupakan hasil kerja sama KAI dengan Rajawali Nusindo dan Universitas Gadjah Mada.

Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas, tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

Joni mengimbau pelanggan agar mempersiapkan persyaratan untuk naik KA Jarak Jauh sesuai ketentuan dari pemerintah.

"Khusus untuk keberangkatan pada hari libur keagamaan Isra Mikraj tanggal 11 Maret 2021 dan Hari Raya Nyepi 14 Maret 2021 diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan, " terangnya.

Baca Juga: 2.021 Unit GeNose Didistribusikan, ke Mana Saja?

Pada akhir pekan ini, periode 10 s.d 14 Maret 2021, KAI mengoperasikan 460 KA Jarak Jauh, meningkat 9% dibanding pekan sebelumnya di mana KAI mengoperasikan 421 KA Jarak Jauh.

Peningkatan ini bertujuan untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan masyarakat yang akan menggunakan kereta.

Meski demikian, KAI hanya menjual 70% tempat duduk dari kapasitas maksimal untuk menciptakan physical distancing. Jumlah tempat duduk KA Jarak Jauh yang KAI sediakan pada periode tersebut adalah sebanyak 192 ribu tempat duduk.

Pada keberangkatan 10 Maret 2021, KAI melayani 36.105 pelanggan KA Jarak Jauh dengan rute favorit Jakarta - Yogyakarta dan Jakarta - Semarang.

Kementerian Perhubungan akan menambah daftar stasiun yang menyediakan alat deteksi Covid-19 GeNose menjadi 44 stasiun.. Bukan hanya di stasiun kota besar, tapi juga di stasiun kota-kota kecil.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x