Kompas TV nasional peristiwa

Kali Sunter dan Sungai Ciliwung Meluap Pos Sunter Hulu Siaga 1, Pintu Air Jembatan Merah Siaga 2

Kompas.tv - 10 Oktober 2020, 22:05 WIB
kali-sunter-dan-sungai-ciliwung-meluap-pos-sunter-hulu-siaga-1-pintu-air-jembatan-merah-siaga-2
Banjir di Jalan Raya Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (10/10/2020). (Sumber: TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hujan deras yang mengguyur wilayah DKI Jakarta sejak Sabtu sore (10/10/2020) membuat Kali Sunter dan Sungai Ciliwung meluap.

Websiden Posko Banjir DKI Jakarta mencatat hasil pemantauan pos Sunter Hulu, Kali Sunter berstatus siaga dengan ketinggian air 270 centimeter.

Sementara pantauan di pintu air Jembatan Merah, Sungai Ciliwung mengalami peningkatan debit air yang kini mencapai 190 centimeter.

Baca Juga: Hujan Deras Sejak Sore, 2 RT dan Sejumlah Jalan di Jakarta Timur Banjir

Pintu Air Flusing Ancol juga melaporkan status siaga karena debit air mencapi 191 centimeter.

BPBD DKI Jakarta juga menyatakan status siaga I untuk daerah di kawasan kali Sunter karena luapan air akibat hujan pada sore hingga malam hari.

BMKG telah mengeluarkan peringatan diri untuk mewaspadai potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada sore hingga jelang malam hari.

Dua RT Banjir

Sebanyak dua rukun tetangga di Kalisari, Jakarta Timur terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur DKI Jakarta sejak Sabtu (10/10/2020) sore.

Baca Juga: Hujan Deras Menyebabkan Banjir di Sejumlah Ruas Jalan Jakarta

Kepala Pusat dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Mohammad Insaf menjelaskan ketinggian air di dua RT tersebut mencapai 10 hingga 30 centimeter.

Selain dua RT tersebut,  ruas Jalan Kalisari III, Kelurahan Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo dan Jalan Gerbang Sari Dalam III, Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung juga ikut terendam banjir.

“Jalan yang terendam ketinggian airnya sekitar 10 sentimeter," ujar Insaf melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (10/10/2020).

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x