Kompas TV nasional kesehatan

Tempayang, Herbal Ampuh Redakan Radang Tenggorokan Hingga Batuk Akut

Kompas.tv - 31 Agustus 2020, 16:00 WIB
tempayang-herbal-ampuh-redakan-radang-tenggorokan-hingga-batuk-akut
Buah Tempayang (Sumber: Dok Pribadi/Roy Ilman)
Penulis : Desy Hartini

Penulis: Roy Ilman

KOMPAS.TV - Meski memiliki kesamaan dalam tanda atau gejala, tetapi tidak semua kondisi dipukul rata sebagai bagian dari terinfeksi Covid-19.

Misalnya sakit batuk atau panas dalam. Kedua penyakit ini memang sering diderita bagi mereka yang memiliki kondisi tubuh kurang prima. Sejumlah penyebabnya adalah makan sembarangan, kurang minum air putih, kurang istirahat yang cukup, atau sering terkena angin malam.

Saat kamu mengalami kondisi tersebut, ada cara mudah serta murah untuk meringankan gejala batuk, panas dalam, dan radang tenggorokan.

Baca Juga: Sehat di Tengah Pandemi: Sering Kesemutan di Kaki, Adakah Kemungkinan Stroke?

Buah Tempayang atau dikenal kembang semangkuk (Fismiana affinis) di berbagai daerah ini memiliki khasiat yang banyak belum diketahui masyarakat luas.

Buah berwarna coklat dan bentuknya menyerupai biji melinjo ini dapat meredakan panas dalam, batuk akut, radang tenggorokan, ambeyen, hingga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan bagi wanita.

Pengobatan dengan tempayang ini sendiri cukup mudah, yaitu:

1. Siapkan 2-3 biji tempayang dan seduh dengan air panas di dalam gelas. Biji tempayang yang kering tadi akan mengembang.

2. Didiamkan kurang lebih 3-4 jam baru bisa diminum. Biji tempayang yang sudah lunak dapat pula dimakan sampai batas biji keras.

3. Lakukan dengan rutin dua atau tiga kali sehari sampai sakit yang diderita sembuh.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x