Kompas TV lifestyle beauty and fashion

5 Manfaat Saffron untuk Wajah, Cegah Kerutan hingga Mencerahkan

Kompas.tv - 25 Oktober 2024, 03:05 WIB
5-manfaat-saffron-untuk-wajah-cegah-kerutan-hingga-mencerahkan
Bunga saffron atau crocus sativus. (Sumber: AP Photo / Dar Yasin)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Saffron atau safron atau kuma-kuma adalah rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus. Meski  tumbuh subur di wilayah Timur Tengah, saffron menjadi rempah termahal di dunia, karena pengolahannya yang panjang dan memakan waktu. 

Rempah yang memiliki bentuk seperti benang ini dapat digunakan sebagai penyedap rasa dan pewarna makanan. Tidak hanya itu, saffron juga memiliki manfaat untuk kecantikan, terutama untuk kulit wajah.

Melansir laman Medical News Today, saffron kaya akan vitamin C dan beberapa antioksidan, seperti crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol yang mengatasi berbagai masalah kulit. Berikut beragam manfaat saffron untuk wajah.

Baca Juga: 6 Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan, Cegah Diabetes hingga Masalah Kulit

1. Mencerahkan kulit

Saffron kaya akan vitamin C yang dapat menghambat produksi melanin, pigmen penggelap kulit. Vitamin C dalam saffron adalah pencerah alami yang dapat membantu mengurangi noda hitam dan bekas jerawat. 

Senyawa dalam saffron, seperti crocin dan safranal, juga dapat bekerja untuk meratakan warna kulit, sehingga wajah tampak lebih bercahaya.

2. Mengurangi kerutan dan tanda penuaan

Saffron kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas, penyebab penuaan dini. Dengan rutin menggunakan saffron, Anda dapat mengurangi munculnya kerutan dan garis halus, sehingga wajah terlihat lebih muda dan segar.

3. Menghidrasi kulit

Saffron juga memiliki kemampuan untuk melembapkan kulit. Kandungan vitamin dan mineral dalam saffron membantu menjaga kelembapan kulit, menjadikannya lebih lembut dan kenyal. 

4. Mengatasi jerawat

Kandungan anti mikroba dan anti inflamasi dalam saffron membantu meredakan peradangan dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Menggunakan saffron secara teratur dapat membantu mengurangi kemerahan dan bengkak pada jerawat.

Baca Juga: 7 Manfaat Saffron untuk Kesehatan, Cegah Depresi hingga Diabetes

5. Mencegah kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet

Menggunakan saffron sebagai salah satu rangkaian perawatan kulit juga bisa mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV. Senyawa  safranal dalam saffron memiliki sifat fotoprotektif yang mampu melindungi kulit dari beragam efek berbahaya akibat paparan sinar ultraviolet.


 

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x