Kompas TV lifestyle kesehatan

Selain Susu, Ini 6 Makanan Tinggi Kalsium untuk Jaga Kesehatan Tulang

Kompas.tv - 22 Oktober 2024, 04:15 WIB
selain-susu-ini-6-makanan-tinggi-kalsium-untuk-jaga-kesehatan-tulang
Brokoli. (Sumber: Annie Spratt on Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kalsium adalah mineral penting untuk membentuk dan memperbaiki tulang. Kalsium juga dibutuhkan untuk meningkatkan fungsi otak, pembentukan darah, dan fungsi jantung.

Kekurangan kalsium atau hipokalsemia menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti meningkatnya risiko osteoporosis dan osteopenia. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhkan kalsium, salah satunya dengan mengonsumsi makanan kaya kalsium seperti susu, yogurt, keju.

Melansir National Institutes of Health (NIH), orang dewasa (19-50 tahun) butuh seribu miligram kalsium per hari. Jumlah ini setara dengan tiga gelas susu (per gelas 237 ml).

Namun, tidak semua orang dapat mengonsumsi susu sapi dan aneka produk turunannya karena kandungan laktosa di dalamnya. Sebagai alternatif susu, Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi kalsium berikut ini.

Baca Juga: 8 Tanda Tubuh Kekurangan Kalsium, Sering Kram Otot hingga Jantung Berdebar

1. Susu kedelai

Susu kedelai dapat menjadi alternatif susu nabati yang kaya akan kalsium. Susu jenis ini mengandung kalsium nyaris sama banyaknya dengan susu sapi. 

Jika Anda ingin mengonsumsi susu kedelai dalam kemasan, penting untuk memilih kandungan kalsium karbonat. Selain kalsium, susu kedelai juga mengandung vitamin D yang sama-sama mendukung kekuatan tulang. 

2. Kacang almond

Kacang almond sebanyak 120 gram  mengandung 385 mg kalsium atau lebih dari sepertiga kebutuhan kalsium harian. Namun dalam jumlah yang sama, almond juga mengandung 838 kalori dan hampir 72 g lemak. 

Sebaiknya konsumsi almond dalam jumlah yang lebih kecil sekitar segenggam atau 28 gram. Kacang jenis ini juga mengandung vitamin E, magnesium, dan serat.

3. Brokoli




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x