Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Manfaat Daun Beluntas untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Kadar Gula Darah

Kompas.tv - 8 Oktober 2024, 03:05 WIB
5-manfaat-daun-beluntas-untuk-kesehatan-bisa-turunkan-kadar-gula-darah
Ilustrasi bau badan, bau ketiak. (Sumber: stockking on Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Daun beluntas atau Pluchea indica L. merupakan tanaman semak yang banyak ditemukan di Indonesia. Ciri khas tanaman ini adalah daun yang bergerigi dan mengeluarkan aroma harum yang menyengat ketika diremas.

Namun siapa sangka, tanaman yang kerap digunakan sebagai tanaman ternak ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Melansir laman National Institutes of Health, daun beluntas mengandung anti bakteri dan senyawa lain seperti, alkaloid, flavonoid, polifenol, tanin, monoterpen, sterol, dan kuinon.

Daun beluntas juga memiliki kandungan seperti asam amino (leusin, isoleusin, triptofan, treonin), lemak, kalsium, fosfor, besi, serta vitamin A dan C. Berikut ragam manfaat daun beluntas untuk kesehatan.

Baca Juga: Simak! Berikut Manfaat Konsumsi Buah Apel untuk Kesehatan

1. Meringankan Tuberkulosis (TBC) Kelenjar Leher

Kandungan alkaloid dan minyak atsiri dalam daun beluntas disebut dapat meringankan penyakit tuberkulosis kelenjar leher. Alkaloid dikenal memiliki sifat anti mikroba dan anti inflamasi. Sementara itu, minyak atsiri dapat memberikan efek antiseptik dan mempercepat penyembuhan.

Dalam pasien penyakit tuberkulosis kelenjar leher, penggunaan ekstrak daun beluntas disebut dapat membantu meringankan gejala dan mendukung proses penyembuhan. Meski begitu, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

2. Mempercepat proses penyembuhan luka

Daun beluntas juga dapat mempercepat penyembuhan luka. Senyawa anti mikroba dalam tanaman ini membantu mencegah infeksi pada luka, sehingga proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

Penggunaan ekstrak daun beluntas secara topikal dapat meningkatkan aliran darah ke area yang terluka, membantu mempercepat penyembuhan.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x