Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Makanan Ini Dapat Menunjang Kesehatan Hati, Ada Apa Saja?

Kompas.tv - 26 September 2024, 07:00 WIB
5-makanan-ini-dapat-menunjang-kesehatan-hati-ada-apa-saja
Buah Bit. Buah ini salah satu makanan yang dapat menunjang kesehatan hati. (Sumber: Tribunnews.com )
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Liver atau hati merupakan salah satu organ manusia yang memiliki fungsi penting. Fungsi utama organ vital ini adalah untuk menyaring darah, namun hati juga menghasilkan protein dan hormon yang dibutuhkan tubuh.

Melansir laman Cleveland Clinic, kerusakan pada hati dapat menyebabkan berbagai penyakit komplikasi, mulai dari hepatitis, sirosis, hingga pengerasan hati. Maka penting menjaga kondisi kesehatan hati agar dapat berfungsi secara optimal.

Menjaga asupan makanan jadi salah satu upaya untuk membuat organ hati tetap sehat. Sebab, beberapa makanan mengandung antioksidan yang membantu melindungi hati dari kerusakan akibat radikal bebas dan racun.

Baca Juga: Hindari Alzheimer, Ini Pola Makan yang Baik untuk Kesehatan Otak

Dikutip dari laman Healthliner, berikut makanan yang dapat menunjang kesehatan hati.

1. Buah bit

Warna merah cerah pada buah bit berasal dari pigmen alami bernama betalain. Pigmen ini merupakan antioksidan kuat yang memiliki peran penting dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, termasuk sel-sel hati.

Betalain dalam buah bit membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel hati. Kerusakan sel hati dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk peradangan dan penyakit hati kronis.

2. Anggur

Anggur juga menjadi makanan yang dapat menunjang kesehatan hati. Anggur merah atau ungu mengandung pigmen alami bernama antosianin, yang merupakan salah satu jenis flavonoid. 

Antosianin ini bertindak sebagai antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel-sel hati dari kerusakan. Anggur mengandung berbagai jenis polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. 

Polifenol membantu melindungi hati dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit hati berlemak.

3. Ikan berlemak

Ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3, lemak sehat yang membantu mengurangi peradangan. Asam lemak juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. 

Asam lemak omega 3 membantu menurunkan lemak hati dan trigliserida pada orang yang mengidap penyakit hati berlemak non-alkohol atau steatohepatitis non-alkohol.

4. Jeruk bali

Makanan yang dapat menunjang kesehatan hati selanjutnya adalah jeruk bali. Buah satu ini mengandung senyawa antioksidan naringenin dan naringin yang dapat melindungi hati.

Konsumsi jeruk Bali dapat menurunkan peradangan dan melindungi sel-sel yang ada di sekitar hati. Sebuah analisis pada 2023 menemukan, senyawa antioksidan pada jeruk Bali dapat menurunkan risiko fibrosis hati.

Senyawa ini juga dapat mengurangi penumpukan lemak di hati dan meningkatkan enzim yang membakar lemak.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Minyak Zaitun dan Habbatussauda Bagi Kesehatan Kulit

5. Minyak zaitun

Makan terlalu banyak lemak memang tidak baik untuk hati. Namun, beberapa jenis lemak sehat justru bisa membantu.

Menambahkan minyak zaitun ke makanan dapat mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan fungsi hati. Hal ini karena tingginya kandungan asam lemak tak jenuh dalam minyak tersebut.


 




Sumber : Healthline, Cleveland Clinic




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x