Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersama Pisang

Kompas.tv - 21 September 2024, 01:00 WIB
5-makanan-ini-sebaiknya-tidak-dikonsumsi-bersama-pisang
ilustrasi buah pisang yang kaya akan serat dan menyehatkan. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pisang merupakan salah satu buah serba guna yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Pisang adalah sumber serat, potasium, vitamin B6, vitamin C, serta kaya akan antioksidan.

Pisang dipercaya dapat mengontrol tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar gula darah, dan masih banyak lagi. Meski pisang kaya kan manfaat, ada sejumlah makanan tertentu yang tidak disarankan dikonsumsi bersama pisang. 

Sebab, dapat memicu gangguan pencernaan, sakit kepala, hingga menambah berat badan. Melansir Healthline, berikut makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersama pisang.

Baca Juga: 6 Buah-buahan yang Ampuh Meningkatkan Suasana Hati, Ada Pisang, Semangka, dan Kiwi

1. Daging merah

Konsumsi daging merah bersama dengan pisang tidak disarankan. Kandungan purin dalam pisang dan protein tinggi dalam daging memicu fermentasi gas di saluran pencernaan. 

Proses fermentasi ini menghasilkan gas yang dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan seperti kembung, perut kembung, dan rasa tidak nyaman. Senyawa purin dalam pisang dapat meningkatkan asam urat dalam tubuh. 

Jika dikonsumsi bersamaan dengan daging merah yang kaya protein, proses pemecahan protein dapat memperparah produksi asam urat, terutama pada orang yang rentan terhadap penyakit asam urat.

2. Susu

Susu menjadi makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersama pisang selanjutnya. Pisang mengandung banyak gula alami, sedangkan susu mengandung protein. 

Proses pencernaan keduanya membutuhkan enzim yang berbeda. Ketika dikonsumsi bersamaan, proses pencernaan dapat menjadi lebih lambat dan tidak efisien, sehingga memicu masalah pencernaan seperti kembung, perut kembung, dan diare.

Pisang dan susu juga sama-sama mengandung kalori yang tinggi. Satu pisang berukuran sedang saja mengandung 105 kalori, sementara susu murni ukuran 250 mililiter mengandung 150 kalori.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x