Kompas TV lifestyle kuliner

IKN Jadi Ibu Kota Negara, Cicipi Kuliner Khasnya: Sambal Raja

Kompas.tv - 12 September 2024, 11:28 WIB
ikn-jadi-ibu-kota-negara-cicipi-kuliner-khasnya-sambal-raja
Sambal raja khas Kaltim (Sumber:  Tribunnews)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi ibu kota negara menggantikan Jakarta. Presiden Joko Widodo mulai hari ini, Kamis (12/9/2024) mulai berkantor hingga jelang pergantian ke presiden terpilih Prabowo Subianto. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Berkantor di IKN Hari Ini, Akan Beri Arahan kepada Pejabat TNI dan Polri

Selain infrastruktur yang terus dikerjakan, apa kuliner yang menarik di kawasan IKN? Ada sambal raja atau sambal kutai, merujuk pada kawasan Kutai Kertanegara di Kalimantan Timur, lokasi IKN berada. 

Dikutip dari buku "100 Makanan Tradisional Indonesia" (penerbit Kompas) karya Bondan Winarno, sambal raja adalah makanan khas para bangsawan yang sudah "turun takhta" menjadi makanan masyarakat kebanyakan.

Baca Juga: Anggaran IKN Naik Lagi, Otorita IKN Dikucurkan Rp 28 Triliun

" Lidah para raja Nusantara ternyata juga setara dengan lidah rakyat jelata, sehingga santapan para raja sebenarnya versi mewah dari hidangan sehari-hari, " tulis Bondan.

Sambal raja terbuat dari belacan atau terasi bernuansa asam karena diberi kucuran jeruk cina (disebut jeruk kunci di Pontianak). Selain memberi rasa asam, jeruk cina juga mencuatkan aroma harum.

Selain rasa asam yang tipis, sambal raja juga harus bernuansa manis dan tidak terlalu pedas. Biji cabainya dibuang, sehingga kesan umumnya adalah sambal yang mulus.

Menurut Bondan, karakter kuliner Kutai adalah perpaduan dari suku-suku yang datang kesana. Meski suku asli adalah Dayak namun terbuka bagi pendatang seperti Melayu Banjar, Bugis juga Jawa. 

"Tapi kuliner asli Kutai yang masih eksis dan dibanggakan hingga kini adalah sambal raja," kata Bondan.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x