Kompas TV lifestyle kesehatan

Deretan Kebiasaan di Toilet yang Membuat Orang Rentan Kena Ambeien

Kompas.tv - 7 September 2024, 07:05 WIB
deretan-kebiasaan-di-toilet-yang-membuat-orang-rentan-kena-ambeien
Ilustrasi sakit perut (Sumber: Freepik.com)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ambeien adalah gangguan kesehatan yang bisa diobati, tetapi kita juga bisa mencegahnya. Salah satunya dengan menghindari kebiasaan di toilet yang tanpa disadari bisa membuat seseorang rentan ambeien.

Dokter spesialis saluran cerna David L.Schwarzbaum, mengatakan kebiasaan yang harus dihindari adalah duduk berlama-lama di toilet.

"Saat kita meletakkan bokong di dudukan toilet, darah akan terkumpul di titik terendah dan menyebabkan peningkatan tekanan pada pembuluh darah di anus, yang menyebabkan wasir," katanya melansir The Huffington Post.

Baca Juga: Menakut-nakuti Anak Agar Patuh Ternyata Banyak Dampak Negatifnya

Menurut David, ambeien adalah pembesaran pembuluh darah di bagian bawah rektum dan anus. Pembesaran ini menyebabkan gejala-gejala tak nyaman saat membesar atau meradang.

Kebiasaan duduk terlalu lama juga menyebabkan sirkulasi darah tidak lancar.

"Duduk dalam waktu lama akan mengganggu aliran darah dari dan menuju area rektum, menyebabkan darah berkumpul dan pembuluh darah bengkak," kata dokter spesialis pencernaan Prasun Shah.

Selain itu, saat mengejan terlalu keras juga dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah bagian rektal yang akhirnya memicu wasir.

"Saya sering menyarankan pada pasien saya agar saat ada keinginan buang air besar, jangan mengejan, jika mereka tidak dapat buang air besar saat itu, bangunlah dan coba lagi lain waktu saat mereka merasakan keinginan itu lagi," kata David.

Lantas berapa lama waktu yang ideal untuk duduk di toilet dan menunggu BAB?

David menyarankan tunggu 10-15 menit lalu segera bangkit jika belum berhasil juga. Ia mengingatkan untuk menghindari kebiasaan memainkan ponsel saat di toilet.

Baca Juga: 4 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan, Bisa untuk Menstabilkan Tekanan Darah

Untuk mencegah ambeien, minumlah cukup air, konsumsi makanan tinggi serat, dan berolahraga. Gaya hidup tersebut efektif untuk mencegah sulit BAB.

"Semua dimulai dari pola makan yang sehat, terpenting cukup konsumsi serat 25-30 gram setiap hari dan minum cukup air," katanya.

Jika belum cukup juga, sesekali bisa mengonsumsi obat pelunak tinja atau laxatives.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x