Kompas TV lifestyle kesehatan

Simak, Berikut Makanan Pengganti Nasi untuk Penderita Diabetes

Kompas.tv - 6 September 2024, 06:00 WIB
simak-berikut-makanan-pengganti-nasi-untuk-penderita-diabetes
Ilustrasi cek darah untuk ketahui penyakit diabetes pada remaja. (Sumber: Grid.id)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penderita diabetes disarankan untuk membatasi atau menghindari konsumsi nasi putih karena kandungan karbohidratnya yang tinggi dan rendah serat, yang dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. 

Sebagai alternatif, ada beberapa makanan yang lebih aman dan bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi, seperti quinoa, nasi kembang kol, nasi brokoli, beras shirataki.

Makanan-makanan ini memiliki karbohidrat yang lebih rendah sehingga tidak akan menyebabkan peningkatan gula darah yang signifikan.

Berikut adalah beberapa makanan pengganti nasi yang baik untuk penderita diabetes dikutip dari Gramedia.com:

Daftar makanan pengganti nasi

1. Nasi Brokoli

Mirip dengan nasi kembang kol, nasi brokoli memiliki kalori rendah, sekitar 15 kalori per setengah cangkir. Selain itu, brokoli juga kaya akan vitamin C dan antioksidan, yang berperan dalam melindungi sel tubuh dari kerusakan dan memperkuat sistem imun.

2. Kentang

Makanan alternatif selain nasi yang ketiga yaitu  kentang. Setelah jagung, kentang bisa menjadi makanan yang bisa digunakan sebagai pengganti dari nasi. 

Kentang sendiri dikenal sebagai salah satu umbi yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Hal ini dapat menjadikan kentang sangat cocok untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Cara mengonsumsi kentang pun cukup mudah, Kamu tinggal merebus atau mengukus kentang untuk disajikan bersama beragam lauk yang lain. Kamu juga dapat membuat kentang menjadi mashed potato atau sering disebut dengan kentang tumbuk. Kentang tumbuh biasanya dipilih agar memiliki rasa yang lebih gurih..

Baca Juga: Masa Pendaftaran CPNS 2024 Diperpanjang, Ini Imbauan BKN

3. Nasi Kembang Kol

Nasi kembang kol memiliki tekstur dan tampilan yang mirip dengan nasi, namun mengandung karbohidrat yang jauh lebih rendah. Setengah cangkir nasi kembang kol hanya mengandung sekitar 13 kalori. Cara membuatnya mudah, cukup memarut kembang kol dan memasaknya dengan sedikit minyak hingga kecoklatan.

4. Quinoa

Quinoa adalah biji-bijian yang kaya protein dan serat. Setengah cangkir quinoa mengandung sekitar 4 gram protein, dua kali lipat dari nasi putih, serta sembilan asam amino esensial yang baik untuk kesehatan tubuh.

5. Beras Shirataki

Beras shirataki terbuat dari akar konjac dan mengandung serat tinggi yang disebut glukomanan. Beras shirataki tidak mengandung kalori, sehingga sangat cocok untuk penderita diabetes. Selain itu, serat dalam shirataki juga bermanfaat untuk kesehatan usus.

6. Singkong




Sumber : gramedia.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x