Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Mengenal Makna Soutane dan Zucchetto, Jubah Putih serta Topi Paus Fransiskus

Kompas.tv - 4 September 2024, 23:00 WIB
mengenal-makna-soutane-dan-zucchetto-jubah-putih-serta-topi-paus-fransiskus
Paus Fransiskus berada di tengah-tengah siswa, komunitas kaum muda lintas iman, dan tamu undangan setelah beraudiensi dengan komunitas pemuda yang diinisiasi oleh Scholas Occurrentes di Gedung Grha Pemuda, Kompleks Katedral Jakarta, Rabu (4/9/2024) malam. (Sumber: INDONESIA PAPAL VISIT COMMITTEE via Kompas.id)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemimpin tertinggi Gereja Katolik dunia, Paus Fransiskus tengah berada di Indonesia untuk melakukan kunjungan apostolik sejak Selasa (3/9/2024) hingga Jumat (6/9) lusa.

Kunjungan ini termasuk kunjungan kenegaraan sekaligus untuk memperkuat iman dan menyampaikan pesan moral bagi para umat Katolik yang ada di Indonesia.

Paus Fransiskus selalu terlihat mengenakan jubah berwarna putih gading. Lantas, apa makna dibalik busana yang dikenakan Paus Fransiskus?

Melansir Britannica, Rabu (4/9), jubah putih yang digunakan oleh Paus Fransiskus dikenal dengan sebutan Soutane.

Baca Juga: Guru dari Buton Menangis saat Berdialog dengan Paus Fransiskus, Bahas Toleransi Hingga Pendidikan

Dalam Gereja Katolik Roma warna dan hiasannya bervariasi sesuai dengan tingkatan gerejawi. Untuk Paus akan mengenakan jubah Soutane berwarna putih, sedangkan Kardinal biasanya berwarna hitam dengan hiasan merah tua.

Menurut informasi dari EWTN Global Catholic Network, awal mulanya jubah Paus berwarna merah. Kemudian sejak masa pimpinan Paus Pius V, ia terbiasa menggunakan jubah keagamaan berwarna putih.

Sejak saat itu, tradisi jubah putih untuk seorang Paus terus dipertahankan. Warna putih sendiri dimaknai sebagai simbol simbol kasih sayang, kepolosan, dan kemurnian Kristus.

Lebih lanjut, Paus Fransiskus juga menggunakan topi putih yang bernama Zucchetto.

Dikutip dari TIME, Zucchetto merupakan sebuah penutup kepala yang dikenakan oleh anggota hierarki ulama. Namun, hanya seorang Paus saja yang bisa menggunakan Zucchetto berwarna putih.

Baca Juga: Di Depan Paus Fransiskus, Jokowi Apresiasi Sikap Vatikan Terus Serukan Perdamaian di Palestina

Jika diperhatikan, Paus Fransiskus pun sering kali menggunakan kalung salib yang panjangnya sampai ke dada.

Salib dada Paus Fransiskus terbuat dari perak dan menggambarkan Yesus sedang menggendong seekor domba. Akan tetapi, salib dada yang dikenakan Paus Fransiskus lebih sederhana. Sebab, pada zaman dulu, salib dada para paus terbuat dari emas dan berhiaskan permata. 


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x