Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Efek Samping Menggunakan Earphone Secara Berlebihan

Kompas.tv - 31 Agustus 2024, 03:00 WIB
6-efek-samping-menggunakan-earphone-secara-berlebihan
Pakai earphone saat berkendara (Sum
Penggunaan earphone berlebihan bisa menyebabkan gangguan kesehatan (Sumber: Kompas.com-)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Earphone menjadi salah satu perangkat elektronik yang paling sering digunakan. Perangkat audio kecil yang terdiri dari dua speaker mini ini mempermudah pengguna untuk mendengarkan musik, podcast, atau panggilan telepon.

Namun, penggunaan earphone secara berlebihan dampak menimbulkan efek negatif untuk kesehatan pendengaran. Dikutip dari laman On My Health, berikut efek samping menggunakan earphone secara berlebihan.

1. Sakit kepala

Penggunaan earphone secara berlebihan dapat memicu sakit kepala. Suara keras yang terus-menerus masuk ke telinga dapat menyebabkan tekanan berlebih pada gendang telinga dan saraf pendengaran.

Baca Juga: Ini yang Bikin Earphone Kabel Selalu Kusut saat Disimpan| SINAU

Tekanan ini dapat merangsang saraf-saraf di sekitar kepala dan memicu rasa sakit. Penggunaan earphone juga dapat menyebabkan ketegangan pada otot-otot di sekitar telinga dan leher.

Ketegangan otot ini dapat menjalar ke kepala dan memicu sakit kepala. Bahkan, terlalu sering menggunakan earphone dapat menyebabkan vertigo.

Vertigo adalah kondisi yang membuat penderitanya pusing dan merasa sekelilingnya seperti berputar. Peningkatan tekanan di liang telinga karena suara keras bisa menyebabkan sensasi ini.

2. Gangguan pendengaran

Gangguan pendengaran menjadi salah satu dampak penggunaan eraphone berlebihan yang kerap terjadi. Pada dasarnya, telinga bagian dalam sangat peka terhadap suara masuk yang diterimanya dari earphone atau headphone.

Ada banyak sel di telinga dan beberapa sel memiliki struktur seperti rambut kecil yang disebut sel rambut yang berfungsi sebagai pemancar suara yang berjalan dari telinga ke otak, untuk diproses lebih lanjut. Terlalu banyak suara keras dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sel-sel ini, sehingga dapat mengganggu seluruh proses transmisi suara.

3. Infeksi telinga




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x