Kompas TV lifestyle kesehatan

4 Bahaya Konsumsi Daging Kucing, Bisa Terpapar Aneka Penyakit Ini

Kompas.tv - 9 Agustus 2024, 13:05 WIB
4-bahaya-konsumsi-daging-kucing-bisa-terpapar-aneka-penyakit-ini
Tempat pemilik kos di di Sekaran, Gunungpati Semarang, Jawa Tengah (Jateng) makan daging kucing. (Sumber: KOMPAS.COM/Muchamad Dafi Yusuf.)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV- Polisi menangkap pria berinisial NY, seorang bapak pemiilk indekos di Semarang yang memakan daging kucing milik anak indekosnya. Menurut pemeriksaan polisi, NY mengaku sudah mengonsumsi daging kucing sejak tahun 2010 dan total kucing yang sudah dimakan sebanyak 10 ekor.

NY ditangkap setelah sebuah video yang diunggah akun @three.in.onee mengunggah video yang berisi rekaman suara NY yang mengaku memasak dan memakan daging kucing viral di media sosial. Berdasar pengakuan, ia makan daging kucing untuk mengobati penyakit diabetes yang dideritanya. 

Lalu, apakah daging kucing dapat mengobati diabetes?

Baca Juga: Polisi: Bapak Kos Pemakan Daging Kucing Sudah Memakan 10 Ekor Sejak 2010

Dikutip dari laman kemkes.go.id, kucing merupakan hewan peliharaan dan diatur dalam UU No. 41 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU No. 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. 

Undang-undang tersebut membedakan ternak dan hewan peliharaan. Secara umum, daging kucing bukan produk yang masuk kriteria untuk dikonsumsi manusia. 

Konsumsi daging kucing juga tidak mendapat jaminan keamanan pangan. Kucing bukan termasuk hewan yang bisa disembelih di Rumah Potong Hewan, pun tidak ada standarisasi pemotongannya, sehingga tidak bisa dipastikan aman, sehat, dan utuh. 

Alih-alih dapat mengatasi diabetes, konsumsi daging kucing justru berisiko memunculkan efek ini pada kesehatan secara jangka panjang. Sebuah penelitian berjudul Consumption of Domestic Cat in Madagascar: Frequency, Purpose, and Health Implications (2015), disebutkan bahwa memakan daging kucing justru bisa sangat berisiko bagi manusia.

Berikut bahaya yang mengintai karena konsumsi daging kucing.

1. Infeksi penyakit toksoplasmosis

Toksoplasmosis adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii. Meski hewan lain juga memiliki risiko paparan parasit ini, kucing diketahui menjadi inang utama T. gondii dengan berkembang biak di saluran ususnya. 

Pada kebanyakan orang, infeksi ini tidak menunjukkan gejala. Akan tetapi, risiko efek samping meningkat pada individu yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah. 

Parasit ini dapat memicu kista dalam tubuh dan memicu penyakit yang lebih serius di kemudian hari. 

Selain itu, infeksi toksoplasmosis juga berbahaya bagi ibu hamil atau yang sedang merencanakan kehamilan. Parasit ini dapat menular melalui plasenta ke janin dan meningkatkan risiko keguguran, lahir mati, bahkan masalah kesehatan serius pada anak. 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x