Kompas TV lifestyle kesehatan

Bunga Telang Jadi Obat Tetes Mata Anak, Amankah? Ini Kata Dokter

Kompas.tv - 31 Juli 2024, 23:30 WIB
bunga-telang-jadi-obat-tetes-mata-anak-amankah-ini-kata-dokter
Ilustrasi tetes mata pada anak (Sumber: Ist)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bunga telang jamak digunakan sebagai bahan pengobatan alami. Ada sebuah klaim di beberapa daerah bahwa bunga telang sangat bagus ditetes ke mata bayi karena bisa mengeluarkan kotoran atau menjernihkan mata.

Lantas, apakah bunga telang baik untuk mata?

Ternyata, penggunaan bunga telang tidak disarankan karena justru memberi dampak negatif, bukan menyembuhkan. Untuk mengetahui lebih lanjut apakah bunga telang baik untuk mata, simak penjelasan ahli berikut.

Baca Juga: 2 Selebgram, Karin dan Gemini Girls, Ditangkap Terkait Kasus Promosi Judi Online

Klaim mengenai manfaat bunga telang dalam mendukung kesehatan mata mungkin telah lama berkembang di beberapa daerah di tanah air.

Bunga telang disebut dapat mendukung kesehatan mata karena mengandung antioksidan, seperti antosianin dan proanthocyanidin. Kedua senyawa tersebut dikatakan mampu menangkal radikal bebas yang mengakibatkan berbagai gangguan penglihatan.

Dilansir dari Pharmeasy, bunga telang juga membantu mengatasi glaukoma, degenerasi retina, dan kelelahan mata. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat bunga telang untuk kesehatan mata.

Namun dokter kesehatan mata dr. Niluh Archi S. R., Sp.M, memaparkan bahwa bunga telang justru dapat menimbulkan infeksi pada mata.

"Sampai saat ini masyarakat awam itu masih mempercayai hal-hal seperti ini ya, bukan hanya untuk mata kering. Jadi kembang telang, air sirih, menurut mereka itu sudah dimasak, jadi harusnya sudah steril gitu," ujar dokter yang berpraktik di JEC Eye Hospitals dalam diskusi kesehatan yang digelar di Jakarta, Selasa (30/7/2024) mengutip Kompas.com.

"Tapi, tidak seperti itu, karena zat alami yang ada di tumbuhannya (bunga telang) kita juga tidak tahu, bagaimana pula proses memasaknya, malah bisa menimbulkan atau meningkatkan risiko infeksi," imbuh dokter yang akrab disapa Manda tersebut.

Karena adanya risiko infeksi pada mata akibat bunga telang, dokter Manda sangat tidak merekomendasikan penggunaan bahan alami tersebut, terutama dalam mengatasi mata kering.

Baca Juga: Seperti Apa Tanda Rusaknya Ginjal Sehingga Harus Jalani Cuci Darah?

"Yang tadinya mata kering bukan infeksi, akhirnya pada saat datang ke dokter mata malah jadi infeksi. Jadi itu sangat-sangat tidak dianjurkan. Silakan disebarluaskan ya, jangan sampai kita percaya hoaks," katanya.

Untuk itu, individu yang mengalami masalah pada mata sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis agar dapat mengetahui penyebab dan perawatan yang sesuai.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x