Kompas TV lifestyle travel

Sambut HKAN 2024, Jagat Satwa Nusantara dan BKSDA Gelar Event Pelestarian Lingkungan

Kompas.tv - 30 Juli 2024, 16:55 WIB
sambut-hkan-2024-jagat-satwa-nusantara-dan-bksda-gelar-event-pelestarian-lingkungan
Jagat Satwa Nusantara berkolaborasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) membuat acara spesial bertajuk Road to HKAN 2024: Pelepasliaran Burung, Penanaman Mangrove, dan Action Indonesia Day (Sumber: Dyandra)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam rangka menuju peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang akan diperingati setiap tanggal 10 Agustus 2024, Jagat Satwa Nusantara berkolaborasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) membuat acara spesial bertajuk “Road to HKAN 2024: Pelepasliaran Burung, Penanaman Mangrove, dan Action Indonesia Day” yang akan diadakan di Suaka Margasatwa, Muara Angke.

Acara ini bertujuan untuk mempromosikan pelestarian lingkungan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan habitat alami yang ada di Indonesia, khususnya D.K.I Jakarta. 

Acara ini dilaksanakan pada Jumat, 26 Juli 2024 di Suaka Margasatwa, Muara Angke, Jakarta Utara. Dalam kegiatan pelepasliaran burung dan penanaman mangrove ini ada beberapa spesies, yaitu Blekok Sawah (Ardeola speciosa) sebanyak 9 ekor, Kuntul Kerbau (Bubulcus ibis) sebanyak 8 ekor, dan Kowak Malam Kelabu (Nycticorax nycticorax) sebanyak 4 ekor yang semuanya merupakan hasil program perkembangbiakkan terkontrol lembaga konservasi Jagat Satwa Nusantara, TMII.

Baca Juga: Event Seru di Mal dan Outdoor untuk Jalan-jalan Keluarga pada Hari Ini Pekan Terakhir di Agustus

Berbagai tahapan telah dilalui melalui meliputi kajian habitat, asesmen perilaku burung, hingga tahapan rehabilitasi dan adaptasi burung-burung yang akan dilepasliarkan.

"Jagat Satwa Nusantara sangat bangga dapat berpartisipasi dalam acara ini. Kegiatan ini tidak hanya mencerminkan komitmen kami sebagai lembaga konservasi terhadap pelestarian alam, tetapi juga menunjukkan pentingnya berkolaborasi antara berbagai pihak dalam menjaga keberlanjutan ekosistem kita," ucap Ery Erlangga selaku Direktur Utama PT Dyandra Mitra Indah sebagai pengelola Jagat Satwa Nusantara.

"Pelepasan burung air dan penanaman mangrove ini adalah langkah yang bagus untuk memperkuat habitat alami di Suaka Margasatwa Muara Angke. Kami mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung dan berpartisipasi dalam upaya pelestarian ini, demi masa depan lingkungan Jakarta yang lebih baik. Mari kita bersama-sama merayakan Hari Konservasi Alam Nasional dan Action Indonesia Day 2024 dengan tindakan nyata dan kepedulian terhadap alam," lanjut Ery.

Baca Juga: Jakarta-Banyuwangi Kini Bisa Naik KA Blambangan Ekspres, Sudah Pakai Kereta New Generation

Acara ini juga mendapatkan dukungan dari PT Dyandra Global Edutainment dan DEHakims.

Dengan adanya acara “Road to HKAN dan Action Indonesia Day 2024: Pelepasliaran Burung dan Penanaman Mangrove” diharapkan dapat menjadi langkah nyata dalam upaya pelestarian alam dan memberikan dampak positif bagi ekosistem Suaka Margasatwa Muara Angke.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x