Kompas TV lifestyle kesehatan

Lima Manfaat Matcha untuk Kesehatan, Jaga Hati hingga Otak

Kompas.tv - 29 Juli 2024, 16:58 WIB
lima-manfaat-matcha-untuk-kesehatan-jaga-hati-hingga-otak
Ilustrasi teh hijau. (Sumber: Freepik/freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Matcha adalah minuman tradisional khas Jepang yang sudah dikenal di seluruh dunia. Minuman khas ini memiliki rasa yang unik dengan sedikit rasa pahit.

Sama seperti teh hijau pada umumnya, matcha juga berasal dari tumbuhan Camellia sinensis, namun dioleh dengan cara yang berbeda. Matcha dibuat dengan cara menggiling daun dan beberapa bagian tanaman teh hijau hingga halus.

Sebelum panen, daun teh yang akan diolah menjadi bubuk matcha ditutup dari sinar matahari. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kandungan asam amino dan klorofil di dalamnya.

Baca Juga: Kaya Antioksidan, Ini 6 Manfaat Kopi Hijau untuk Kesehatan

Oleh karena itu, matcha memiliki kandungan zat gizi yang jauh lebih kaya dari teh hijau biasa.

Melansir laman Healthline, matcha mengandung katekin, asam fenolik, rutin, quercetin, dan tanin yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Berikut ragam manfaat matcha untuk kesehatan.

1. Menjaga kesehatan hati

Hati merupakan bagian penting dalam tubuh karena berfungsi membersihkan racun dalam tubuh. Kandungan ketekin dalam matcha bersifat antioksidan dan antiradang. 

Khasiat ini dapat mencegah kerusakan hati sekaligus menurunkan risiko penyakit hati, seperti hepatitis dan sirosis hati. Matcha juga punya kemampuan detoksifikasi, yakni membersihkan racun dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi beban kerja organ hati.

2. Menurunkan risiko kanker

Manfaat matcha selanjutnya adalah menekan risiko munculnya kanker. Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) merupakan salah satu jenis katekin yang memiliki sifat antikanker yang kuat.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Sulawesi

BPIP Gelar Focus Group Discussion

19 September 2024, 11:33 WIB

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x