Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Ikan yang Cocok untuk Diet, Tinggi Protein dan Rendah Lemak

Kompas.tv - 27 Juli 2024, 07:20 WIB
6-ikan-yang-cocok-untuk-diet-tinggi-protein-dan-rendah-lemak
Ilustrasi. Tidak semua ikan cocok dikonsumsi saat tengah menjalani program diet. Sebab, ada beberapa jenis ikan yang memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi.(Sumber: Diana Polekhina on Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ikan merupakan salah satu sumber protein yang sehat, sehingga cocok untuk para pejuang diet. Ikan juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Namun perlu diingat, tidak semua ikan cocok dikonsumsi saat tengah menjalani program diet. Sebab, ada beberapa jenis ikan memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi.

Tak hanya itu, beberapa jenis ikan diketahui memiliki kandungan merkuri yang cukup tinggi. Merkuri dalam jumlah tinggi dapat membahayakan sistem saraf, terutama pada ibu hamil dan anak-anak.

Baca Juga: Jangan Salah Pilih, Ini 7 Buah yang Cocok untuk Diet

Dilansir laman Eatingwell.com, berikut 6 ikan yang cocok untuk diet karena tinggi protein dan rendah lemak.

6 Ikan yang Cocok untuk Diet

1. Ikan kembung

Ikan kembung dapat menjadi salah satu pilihan sumber protein yang dapat dikonsumsi saat sedang menjalani diet. Ikan yang berasal dari perairan lokal ini kaya akan omega-3.

Kandungan nutrisi dalam ikan kembung juga dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan plak atau kolesterol di arteri. Selain itu, ikan kembung mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh. 

Lemak tak jenuh berfungsi meningkatkan kadar lemak sehat (HDL) di dalam darah serta mengurangi kadar lemak tak baik, seperti kolesterol dan trigliserida.

2. Ikan Sarden

Sarden adalah jenis ikan berminyak (oily fish) yang tinggi kandungan vitamin. Ikan ini juga cocok dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

Sarden menyediakan nutrisi yang lebih banyak untuk kulit dan tulang. Salah satu keuntungan kesehatan dari ikan sarden adalah perlindungan dari penyakit jantung dan kanker jenis tertentu, serta membantu menguatkan tulang.

Selain itu, ikan sarden menguatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga tekanan darah. Agar lebih baik lagi, pilih ikan sarden segar sebagai menu diet.

Baca Juga: 8 Manfaat Diet Mediterania, Salah Satunya Mencegah Depresi

3. Ikan tuna




Sumber : Eatingwell.com, Healthline




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x