Kompas TV lifestyle travel

Harga Tiket, Jadwal Terbaru, dan Daftar Stasiun yang Dilewati KA Blambangan Ekspres

Kompas.tv - 26 Juli 2024, 14:55 WIB
harga-tiket-jadwal-terbaru-dan-daftar-stasiun-yang-dilewati-ka-blambangan-ekspres
Kereta Api Blambang Ekspres relasi Ketapang-Pasar Senen mulai beroperasi hati ini, Jumat (26/7/2024). Sedangkan untuk relasi Pasar Senen-Ketapang akan beroperasi mulai Sabtu (27/7) besok. Dengan relasi baru ini, masyarakat bisa menempuh Banyuwangi-Jakarta dengan hanya sekali naik kereta api, tanpa harus ganti kereta lagi. (Sumber: KAI)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kereta Api Blambang Ekspres relasi Ketapang-Pasar Senen mulai beroperasi hati ini, Jumat (26/7/2024). Sedangkan untuk relasi Pasar Senen-Ketapang akan beroperasi mulai Sabtu (27/7) besok. 

Dengan relasi baru ini, masyarakat bisa menempuh Banyuwangi-Jakarta dengan hanya sekali naik kereta api, tanpa harus ganti kereta lagi. 

Mengutip data dari Accsess by KAI, hanya ada dua jenis tiket kereta tersebut. Yaitu kelas ekonomi seharga Rp505.000, tanpa sub kelas. Kemudian harga kelas eksekutif sebesar Rp775.000. 

Dengan perubahan rute dari Ketapang-Semarang Tawang Bank Jateng menjadi Ketapang-Pasar Senen, KA Blambangan Ekspres kini jadi kereta yang melayani rute terjauh dengan lama perjalanan 16 jam 25 menit. 

Baca Juga: Jakarta-Banyuwangi Kini Bisa Naik KA Blambangan Ekspres, Sudah Pakai Kereta New Generation

"Menempuh jarak 1.031 kilometer dengan waktu tempuh 16 jam 25 menit, KA Blambangan Ekspres memecahkan rekor KA dengan rute terjauh yang dioperasikan KAI dan mengalahkan KA Pandalungan yang menempuh jarak 919 km,” kata Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9, Cahyo Widiantoro dalam keterangan tertulisnya kepada media, Rabu (24/7) lalu. 

Perubahan Jam Keberangkatan Blambangan Ekspres

Dengan perubahan relasi, jam keberangkatan KA Blambang Ekspres juga berubah. Saat melayani rute hanya sampai Semarang, KA tersebut berangkat dari Ketapang pukul 19.35 WIB dan sampai Semarang Tawang Bank Jateng pukul 06.05 WIB. 

Kini, Blambangan Ekspres berangkat pukul 14.50 WIB dari Stasiun Ketapang dan sampai di Stasiun Pasar Senen pukul 07.15 WIB. 

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Klaim Kereta Cepat Whoosh Bikin Hemat BBM Rp3,2 Triliun per Tahun

Untuk rute sebaliknya, Blambangan Ekspres berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 12.15 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang pukul 04.55 WIB.

Seiring dengan perubahan rute kereta api Blambangan Ekspres yang diperpanjang menjadi Ketapang-Pasarsenen (pp), mulai 26 Juli 2024, terdapat penyesuaian jam keberangkatan dari stasiun keberangkatan dan stasiun perhentiannya.

Terkait dengan jadwal baru ini, KAI menyatakan sudah menginformasikannya kepada para pengguna. 

"Railmin sudah mengirimkan SMS dan WhatsApp blast, terkait informasi perubahan jam keberangkatan di masing-masing stasiunnya kok! Jadi, cek inbox SMS atau aplikasi WhatsApp kalian ya!," tulis KAI di Instagram resminya, @kai121_, Jumat (27/7). 

Baca Juga: Musim Kemarau, Wisatawan Dilarang Berkemah di Seluruh Kawasan Bromo

"Pastikan untuk datang lebih awal di stasiun, 45-30 menit sebelum keberangkatan, agar kalian nggak ketinggalan keretamu," kata KAI. 

Stasiun Dilewati KA Blambangan Ekspres

Stasiun yang dilewati adalah Ketapang, Banyuwangi Kota, Rogojampi, Temuguruh, Kalisetail, Kalibaru, Jember, Rambipuji Tanggul, Klakah, Probolinggo, Pasuruan, Bangil, Sidoarjo, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Lamongan, Bojonegoro, Cepu, Ngrombo, Semarang Tawang Bank Jateng, Pekalongan, Tegal, Cirebon, Karawang, Bekasi, dan Pasarsenen. 




Sumber :




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x