Kompas TV lifestyle kesehatan

Daftar Buah yang Mampu Meningkatkan Produksi Kolagen

Kompas.tv - 25 Juli 2024, 12:31 WIB
daftar-buah-yang-mampu-meningkatkan-produksi-kolagen
Sebagai buah khas Imlek, jeruk mandarin dapat memberikan ragam manfaat untuk kesehatan (Sumber: Jcomp on Freepik)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mengonsumsi buah-buahan yang meningkatkan produksi kolagen sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. 

Kolagen adalah salah satu protein tak larut yang berfungsi untuk menyusun jaringan tubuh, seperti tulang, tulang rawan, dan kulit. 

Protein ini diproduksi secara alami di dalam tubuh, namun jumlahnya dapat menurun seiring dengan pertambahan usia. Untuk menjaga jumlah kolagen di dalam tubuh, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen secukupnya.

Selain itu, kolagen adalah senyawa penting yang menjaga elastisitas kulit dan membantu proses regenerasi jaringan kulit. 

Berikut adalah beberapa buah yang direkomendasikan untuk meningkatkan produksi kolagen, dilansir dari laman Hindustan Times.

Buah Beri

Aneka buah beri seperti stroberi, blackberry, raspberry, dan blueberry memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Selain itu, buah beri mengandung asam ellagic yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Baca Juga: Benarkah Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Buah Durian? Ini Penjelasannya

Jeruk

Jeruk dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi. Konsumsi jeruk secara rutin dapat meningkatkan produksi kolagen, sehingga mencegah munculnya garis halus dan kerutan.




Sumber : Kompas TV, Tribun News, Hindustan Times




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x