Kompas TV lifestyle kesehatan

Daftar Minuman Kaya Antioksidan yang Direkomendasikan untuk Penderita Diabetes

Kompas.tv - 22 Juli 2024, 15:05 WIB
daftar-minuman-kaya-antioksidan-yang-direkomendasikan-untuk-penderita-diabetes
Ilustrasi teh hijau. (Sumber: Freepik/freepik)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masih banyak orang yang belum mengetahui tentang manfaat minuman antioksidan untuk penderita diabetes.

Antioksidan, fitonutrien yang berperan sebagai penangkal radikal bebas, memiliki khasiat yang penting bagi kesehatan. 

Radikal bebas adalah molekul 'jahat' yang merusak sel-sel tubuh, menyebabkan oksidasi, dan berkontribusi pada penyakit kronis. Antioksidan bekerja dengan menangkap radikal bebas dan mengeluarkannya dari tubuh, mengurangi stres oksidatif.

Menurut Erin Palinski-Wade, RD, CDCES, penulis buku 2 Day Diabetes Diet, pengurangan stres oksidatif dapat mengurangi peradangan dalam tubuh, yang membantu menurunkan risiko penyakit di masa depan dan meningkatkan resistensi insulin.

Hal ini sangat penting karena penderita diabetes memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular.

"Ketika stres oksidatif berkurang, peradangan di tubuh dapat dikurangi, membantu menurunkan risiko penyakit di masa depan dan meningkatkan resistensi insulin," kata Erin dikutip dari Everyday Health.

Antioksidan dapat ditemukan dalam berbagai makanan seperti buah-buahan, sayuran segar, dan kacang-kacangan. Lorena Drago MS RDN CDCES, pakar pendidikan gizi multikultural, menjelaskan bahwa polifenol, sejenis antioksidan alami dalam tanaman, membantu melindungi tanaman tersebut. 

Polifenol merupakan kategori besar antioksidan yang mencakup karotenoid, flavonoid, asam fenolik, stilben, dan lignan. Selain itu, mikronutrien lain seperti vitamin C, vitamin E, beta karoten, selenium, dan mangan juga memiliki sifat antioksidan.

Baca Juga: Ampuh, Berikut Daftar Tanaman yang Bisa Mengobati Penyakit Asam Urat

Berikut adalah beberapa minuman kaya antioksidan yang direkomendasikan untuk penderita diabetes:

Anggur Merah

Anggur merah mengandung resveratrol, polifenol dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang melindungi sel beta penghasil insulin. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi anggur merah dalam jumlah moderat dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Smoothie

Smoothie adalah pilihan bagus untuk menggabungkan berbagai antioksidan dari sayuran berdaun hijau, buah beri, biji-bijian, oat, dan sumber protein seperti yogurt Yunani tanpa lemak atau bubuk protein.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x