Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Buah yang Dapat Meningkatkan Produksi Kolagen

Kompas.tv - 17 Juli 2024, 04:05 WIB
5-buah-yang-dapat-meningkatkan-produksi-kolagen
Ilustrasi buah kiwi yang dinilai bisa mengatasi insomnia (Sumber: IFOOD.TV via Kompas.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kolagen merupakan senyawa protein yang berperan penting dalam proses pembentukan jaringan tubuh, termasuk kulit. Oleh karenanya, protein ini sering kali dikonsumsi sebagai minuman atau suplemen untuk mempercantik penampilan.

Sayangnya, konsumsi suplemen atau minuman kolagen berlebih justru dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Melansir laman Healthline, batas aman konsumsi kolagen per hari adalah tidak lebih dari 2,5 hingga 15 gram dalam 24 minggu.

Padahal, selain melalui suplemen atau minuman kolagen, protein jenis ini juga dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi buah yang kaya akan antioksidan.

Berikut beberapa buah-buahan yang dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. 

Baca Juga: 6 Makanan Mengandung Kolagen Tinggi yang Dapat Dikonsumsi

1. Buah beri

Buah beri seperti stroberi, raspberry, blueberry, dan blackberry, kaya akan vitamin C. Vitamin C dalam aneka buah-buahan ini berfungsi penting untuk memproduksi kolagen dalam tubuh.

Vitamin C membantu tubuh menyintesis prokolagen, protein pendahulu kolagen. Vitamin C dalam buah beri-berian ini juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan.

2. Jeruk bali merah

Jeruk bali merah juga masuk dalam daftar buah yang dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Melansir laman Cleveland Clinic, jeruk bali merah kaya akan vitamin C yang penting untuk mendukung produksi kolagen dalam tubuh.

Selain vitamin C, jeruk bali merah juga mengandung antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Kerusakan akibat radikal bebas dapat mempercepat proses penuaan dan menyebabkan keriput.

3. Jambu biji

Jambu biji mengandung vitamin C yang tinggi, yaitu sekitar 228 mg per 100 gram. Selain vitamin C, jambu biji juga mengandung zinc, mineral yang membantu mengaktifkan protein pembuat kolagen.

Oleh karena itu, jambu biji dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, meskipun tidak setinggi sumber lain seperti kaldu tulang atau daging.

4. Nanas

Nanas dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, terutama kolagen primarily. Vitamin C dalam buah nanas juga berperan penting dalam membantu tubuh mensintesis prokolagen.

Nanas juga mengandung antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Kerusakan akibat radikal bebas dapat mempercepat proses penuaan dan mengurangi produksi kolagen.

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Ini 6 Bahaya Konsumsi Minuman Kolagen Berlebihan

5. Kiwi

Buah kiwi juga menjadi salah satu buah yang dapat meningkatkan produksi kolagen. Kiwi merupakan sumber vitamin C yang tinggi, dengan kandungan sekitar 93 mg per 100 gram buah. 

Vitamin C berperan penting dalam sintesis kolagen, yaitu protein yang menjaga struktur kulit, tulang, dan sendi. Kekurangan vitamin C dapat menghambat produksi kolagen dan menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti keriput, kulit kendur, dan mudah memar.

Kiwi juga kaya akan antioksidan seperti vitamin E dan lutein. Antioksidan membantu melindungi kolagen dari kerusakan akibat radikal bebas.


 

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x