Kompas TV lifestyle kesehatan

Suka Makan Ikan Mentah? Waspadai 5 Infeksi Bakteri dan Parasit Ini

Kompas.tv - 12 Juli 2024, 04:35 WIB
suka-makan-ikan-mentah-waspadai-5-infeksi-bakteri-dan-parasit-ini
Ilustrasi. Ada beberapa infeksi bakteri dan parasit yang dapat timbul karena memakan ikan mentah. (Sumber: Unsplash/Clon Czerwinski)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi Anda yang suka memakan ikan mentah seperti dalam menu sashimi atau sushi, Anda perlu mewaspadai adanya parasit, bakteri, dan polutan yang mungkin terkandung di dalamnya.

Dilansir Healthline, ada beberapa alasan mengapa ikan perlu dimasak sebelum dikonsumsi. Salah satu alasan utamanya adalah untuk membunuh bakteri dan parasit yang dapat menyebabkan penyakit.

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, untuk mencegah penyakit yang ditularkan melalui makanan, Anda perlu memasak ikan hingga mencapai suhu internal minimal 145 fahrenheit (62,77 celcius).

Laman Verywell Health mengatakan ada beberapa jenis penyakit yang dapat ditularkan melalui konsumsi ikan mentah.

Berikut 5 infeksi bakteri dan parasit yang dapat timbul dari mengonsumsi ikan mentah.

1. Infeksi Bacillus cereus

Infeksi bakteri Bacillus cereus sering terkait dengan konsumsi nasi yang terkontaminasi bersama makanan lain seperti ikan, sayuran, daging, dan susu. Infeksi ini ada dua jenis, yaitu tipe diare dan tipe muntah. 

Tipe diare berkembang dengan cepat (dalam waktu 6 hingga 15 jam) dan menyebabkan diare berair serta mual ringan. Kebanyakan orang dengan tipe ini tidak mengalami muntah atau demam, dan gejala biasanya hilang dalam 24 jam. 

Tipe muntah cenderung muncul lebih cepat, dalam waktu 1 hingga 5 jam, dengan gejala mual dan muntah, kram perut, dan diare.

2. Infeksi bakteri Vibrio parahaemolyticus

Infeksi bakteri Vibrio parahaemolyticus berhubungan dengan konsumsi ikan dan kerang mentah atau setengah matang, terutama tiram. 

Infeksi bakteri Vibrio dapat menyebabkan gejala seperti diare (termasuk diare berdarah), kram perut, mual, muntah, sakit kepala, demam, dan menggigil. Infeksi ini dapat menjadi serius pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Baca Juga: Langsung Bakar Lemak dengan Jalan Kaki, Simak Tips Pelatih Kebugaran Berikut

3. Listeriosis



Sumber : Healthline, Cleveland Clinic, Verywell Health



BERITA LAINNYA



Close Ads x