Kompas TV lifestyle kesehatan

Apa Keuntungan Medis Sunat atau Khitan saat Bayi?

Kompas.tv - 8 Juli 2024, 03:00 WIB
apa-keuntungan-medis-sunat-atau-khitan-saat-bayi
Ilustrasi bayi (Sumber: Dok. Shutterstock)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tradisi sunat atau khitan anak laki-laki biasanya dilakukan di usia 5-12 tahun, namun belakangan ini semakin banyak orangtua yang menyunatkan anaknya sejak bayi, bahkan saat baru lahir.

Dari sisi medis, tidak ada usia tertentu yang dipandang optimal untuk melakukan prosedur khitan.

Jika tidak ada masalah atau indikasi medis tertentu, khitan dapat dilakukan kapan saja.

Baca Juga: Didit Hediprasetyo Rancang Desain Jersey Olimpiade Indonesia, Gratis!

“Manfaat yang didapat dengan khitan yang dilakukan ketika bayi tak jauh berbeda dengan tindakan khitan yang dilakukan ketika anak berusia sekolah,” kata dr.spesialis bedah anak Yessi Eldiyani Sp.BA Subsp D.A (K) mengutip Kompas.com, Sabtu (6/7/2024)

Walau demikian, penggunaan anestesi pada pasien bayi dapat lebih sedikit dibandingkan dengan anak yang berusia lebih besar.

“Ketika masih bayi, si kecil juga belum terlalu banyak bergerak, sehingga proses penyembuhan pun lebih cepat. Risiko khitan pada bayi, usia balita, hingga usia sekolah juga relatif sama,” ujar dokter dari RSPI Bintaro Jaya ini.

Selain pertimbangan usia, menurut dr.Yessi orangtua juga perlu memastikan anak dalam kondisi sehat dan penisnya tidak mengalami masalah apa pun.

Pasalnya, ada beberapa kondisi medis tertentu yang tidak disarankan untuk dilakukan tindakan khitan karena beresiko terjadinya komplikasi.

Kondisi medis yang dimaksud antara lain, adanya hipospadia di muara uretra yang tertelak tidak pada ujung penis, tetapi pada bagian ventral penis.

Hipospadia adalah kondisi di mana pasien seakan-akan telah disunat dari dalam kandungan.

Baca Juga: John Legend Bakal Konser di Jakarta, Ini Harga Tiket dan Cara Pembeliannya

“Kondisi kesehatan lainnya adalah adanya epispadia, yang berkebalikan letaknya dengan hipospadia, yaitu di bagian dorsal penis. Perhatikan pula jika si kecil mengalami kelainan pembekuan darah seperti hemophilia dan anemia plastik,” paparnya.

Tindakan khitan yang dilakukan di rumah sakit bersama dokter spesialis bedah anak lebih dianjurkan agar apabila ditemukan kelainan organ atau kondisi medis tertentu dokter dapat memberi penanganan yang tepat.


 




Sumber : Kompas.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x