Kompas TV lifestyle tren

Kumpulan Ucapan Tahun Baru Islam 2024/1 Muharam 1446 Hijriah untuk Caption Media Sosial

Kompas.tv - 6 Juli 2024, 07:30 WIB
kumpulan-ucapan-tahun-baru-islam-2024-1-muharam-1446-hijriah-untuk-caption-media-sosial
Poster tahun baru Islam 2024. Ini contoh ucapan selamat tahun baru Islam 1 Muharam 1446 hijriah (Sumber: Freepik)
Penulis : Dian Nita | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut contoh ucapan selamat Tahun Baru Islam 2024 atau 1 Muharam 1446 Hijriah.

Diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Muharam 1446 H jatuh pada Minggu (7/7/2024).

Dalam kalender Jawa, 1 Muharam juga disebut sebagai 1 Sura atau Suro yang diperingati dengan berbagai tradisi seperti kirab.

Melansir muhammadiyah.or.id, penanggalan kalender Hijriah merujuk pada hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah.

Kendati demikian, kalender ini baru resmi digunakan saat sistem pemerintahan Islam dipimpin oleh Khalifah Umar bin Khattab, yaitu 17 tahun setelah peristiwa hijrah atau tujuh tahun setelah wafatnya Rasulullah SAW.

Baca Juga: Apakah Tahun Baru Islam 1446 Hijriah Libur? Ini Tanggal Merah Juli 2024 Menurut SKB 3 Menteri

Keputusan untuk memilih Muharam sebagai awal bulan dalam kalender Hijriah, karena Umar bin Khattab tidak ingin ada pengultusan yang berlebihan terhadap Rasulullah SAW.

Jika Nabi Muhammad dikultuskan secara berlebihan, bulan Rabiul Awal mungkin akan menjadi bulan yang paling spesial di antara bulan-bulan lainnya, karena pada bulan tersebut Nabi SAW dilahirkan dan melaksanakan hijrah.

Selain beribadah dan introspeksi diri, merayakan Tahun Baru Islam 2024 juga bisa dilakukan dengan saling memberi ucapan selamat.

Berikut contoh ucapan Tahun Baru Islam 2024 yang bisa diunggah di media sosial, dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (6/7/2024).

Baca Juga: Peringati 1 Suro 2024, Keraton Yogyakarta Gelar Acara Mubeng Beteng, Ini Jadwal dan Tata Tertibnya

Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 2024

1. Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 Hijriah untuk semua umat muslim di seluruh Indonesia. Semoga tahun baru ini membawa banyak kedamaian, kemakmuran, dan kebahagiaan bagi dunia. Semoga Allah melindungi kita.

2. Selamat Tahun Baru Islam 1446 H. Semoga di tahun yang baru ini, kita diberikan umur yang panjang untuk melakukan hal-hal bermanfaat, kesehatan, serta kelancaran dalam beramal baik. Semoga kita senantiasa dalam lindungan-Nya.

3. Jangan sesali masa lalu, jangan mengkhawatirkan masa depan, karena selalu ada harapan dan kemungkinan terbaik untuk awal yang baru. Karena tidak ada kata terlambat untuk memulai berbuat baik. Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 H.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x