Kompas TV lifestyle kuliner

Jelang Kedatangan Paus Fransiskus, Romo Thomas Berharap Bisa Sajikan Pecel Lele

Kompas.tv - 4 Juli 2024, 12:17 WIB
jelang-kedatangan-paus-fransiskus-romo-thomas-berharap-bisa-sajikan-pecel-lele
Logo dan motto resmi kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3-6 September 2024 mendatang. (Sumber: Vatican News)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia menjadi negara pertama yang akan dikunjungi Paus Fransiskus yakni pada 3 hingga 6 September 2024.

Setelah itu, Paus Fransiskus akan berkunjung ke Port Moresby dan Vanimo di Papua Nugini dari 6 hingga 9 September 2024, serta ke Dili (Timor Leste) pada 9 hingga 11 September 2024.

Kunjungan ini pun bakal bersejarah, mengingat Paus Fransiskus sangat jarang melakukan kunjungan keluar negeri untuk waktu yang cukup lama.

Lalu, bagaimana persiapan panitia kunjungan Paus Fransiskus?

Baca Juga: "Two Popes", Film Netflix Paus Fransiskus yang Progresif Bertemu Benediktus XVI yang Konservatif

Juru Bicara Panitia Kunjungan Paus Fransiskus, Romo Thomas Ulun Ismoyo, Pr mengatakan, pihaknya belum bisa mengonfirmasi berapa banyak orang yang datang, termasuk juru masak pribadi Paus Fransiskus.

"Saya belum melihat dalam datanya itu adalah kokinya, atau kardinalnya, ataupun siapa pun masak buat dia, saya enggak tahu. Kita belum tahu. Jadi kita belum tahu mengenai chef," kata Thomas mengutip Wartakotalive, dalam sesi wawancara khusus dengan Direktur Pemberitaan Tribun Network, Febby Mahendra Putra di Wisma Keuskupan Agung Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2024).

Namun, kata Thomas, andai Paus Fransiskus tak membawa juru masak sendiri, pihaknya bisa menyiapkan makanan istimewa semisal spaghetti.

"Kalau dia hanya makan-makan Italia, di Indonesia kan di Jakarta juga banyak restoran Italia. Ada satu yang enak di sana. Mungkin nanti kita bisa coba," ujarnya.

Dia berseloroh panitia bisa menyediakan makanan khas Indonesia untuk Paus Fransiskus seperti pecel lele, dan makanan lainnya. "Mungkin menyediakan yang namanya pecel lele," kata Thomas.

Adapun Paus Fransiskus rencananya mengunjungi Indonesia pada 3 hingga 6 September 2024.


Dalam kunjungannya, Paus Fransiskus dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Punya Cerita Ketika Paus Yohanes Paulus II ke Indonesia? Bagikan Pengalamanmu di KompasTV!

Selain itu, dia dijadwalkan akan menggelar pertemuan dengan tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal Jakarta, serta beberapa kunjungan lainnya.

Paus Fransiskus juga akan menggelar ibadah ekaristi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x