Kompas TV lifestyle tren

Perayaan Tahun Baru Islam 1446 H Jatuh 7 Juli Besok, Adakah Libur atau Cuti Bersama?

Kompas.tv - 4 Juli 2024, 07:00 WIB
perayaan-tahun-baru-islam-1446-h-jatuh-7-juli-besok-adakah-libur-atau-cuti-bersama
Kartu ucapan Tahun Baru Islam 1 Muharram. (Sumber: Freepik)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Momentum spiritual kembali menyapa umat muslim Indonesia dengan datangnya Tahun Baru Islam 1446 Hijriah. Peristiwa penting ini, yang menandai perjalanan suci Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah, akan dirayakan pada hari Minggu (7/7/2024).

Kalender Hijriah telah menetapkan 1 Muharram 1446 H bertepatan dengan tanggal tersebut, menjadikannya momen istimewa bagi seluruh umat Islam di Tanah Air.

Namun, bagi mereka yang berharap adanya cuti bersama, sayangnya pemerintah tidak mengalokasikan hari tambahan untuk perayaan ini.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Nomor 855 Tahun 2023, 7 Juli 2024 memang ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Baca Juga: Berapa Suhu AC yang Ideal untuk Menghemat Listrik?

Akan tetapi, tidak ada cuti bersama yang menyertainya. Lebih lanjut, sepanjang bulan Juli 2024, tidak ada tanggal merah lain selain akhir pekan yang telah ditentukan.

Meskipun demikian, Juli tetap menjadi bulan yang sarat makna dengan berbagai peringatan penting. Terdapat 12 hari nasional yang patut dirayakan, meski tidak ditetapkan sebagai hari libur.

Di antaranya, kita menyambut Hari Bhayangkara pada 1 Juli, merayakan keberadaan Bank Indonesia pada 5 Juli, dan menghargai jasa para pustakawan pada 7 Juli.

Perayaan berlanjut dengan Hari Koperasi Indonesia pada 12 Juli, mengingat momen bersejarah Integrasi Timor Timur pada 17 Juli, serta menghormati institusi Kejaksaan pada 22 Juli.

Baca Juga: Cara Dapat Tiket Ancol Gratis Spesial HUT ke-78 Bhayangkara, Ini Jadwal dan Ketentuannya

Tak ketinggalan, kita akan merayakan generasi penerus bangsa pada Hari Anak Nasional 23 Juli, mengenang pengabdian TNI Angkatan Udara pada 29 Juli, dan menutup bulan dengan semangat kepramukaan pada Hari Ikrar Gerakan Pramuka di 30 Juli.

Meski tidak ada tambahan hari libur, perayaan Tahun Baru Islam dan berbagai hari nasional di bulan Juli tetap menjadi momen berharga untuk merefleksikan nilai-nilai luhur dan semangat persatuan dalam keberagaman Indonesia.


 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x