Kompas TV lifestyle kesehatan

8 Manfaat Air Rendaman Timun, Termasuk Menurunkan Kolesterol

Kompas.tv - 20 Juni 2024, 15:15 WIB
8-manfaat-air-rendaman-timun-termasuk-menurunkan-kolesterol
Infused water atau air rendaman timun. (Sumber: pixabay)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Infused water atau air infus adalah air putih yang dikombinasikan dengan buah-buahan, sayuran, atau rempah-rempah.

Cara membuat infused water adalah dengan merendam buah-buahan dalam air selama beberapa jam atau semalaman dan disimpan di kulkas, sehingga rasa dan aroma buah meresap ke dalam air. 

Infused water menjadi minuman yang menyegarkan dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu buah yang populer dibuat infused water adalah timun.

Timun (Cucumis sativus) memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Timun mengandung serat, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, kalium, magnesium, mangan, serta vitamin C dan vitamin K.

Baca Juga: Saatnya Berburu Takjil Buka Puasa, Es Timun Lemon dan Mie Ragit Bisa Jadi Pilihan Anda!

8 Manfaat Air Rendaman Timun

Dilansir laman Healthline, berikut ragam manfaat infused water atau air rendaman timun. 

1. Menurunkan kolesterol

Kandungan sterol dalam timun memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Minum air rendaman timun setiap hari dapat mencegah tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung.

Air rendaman timun juga mengandung kalium dan antioksidan yang dapat menurunkan risiko penyakit stroke.

2. Memperkuat imun

Air rendaman timun juga dapat meningkatkan imun tubuh. Timun mengandung vitamin D dan B kompleks yang berfungsi sebagai antioksidan.

Antioksidan dapat menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Sementara vitamin C dalam air rendaman timun bermanfaat untuk menjaga kebugaran dan membantu meningkatkan proses penyembuhan.

3. Menyehatkan kulit

Air rendaman timun dapat membantu menghidrasi dan menjaga kesehatan kulit. Mentimun kaya akan asam pantotenat atau vitamin B5 yang dapat mengobati jerawat. 

Satu cangkir irisan mentimun dapat memenuhi 5 persen dari nilai harian vitamin B5 yang direkomendasikan.



Sumber : Healthline



BERITA LAINNYA



Close Ads x