Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Manfaat Flavonoid untuk Kesehatan, Cegah Kanker hingga Diabetes

Kompas.tv - 8 Juni 2024, 01:00 WIB
5-manfaat-flavonoid-untuk-kesehatan-cegah-kanker-hingga-diabetes
Banyak bahan suplemen kesehatan otak dikaitkan dengan kesehatan otak. Tetapi, banyak bukti berasal dari penelitian tentang makanan dan diet, bukan suplemen. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Flavonoid merupakan senyawa kimia alami berupa metabolit dan termasuk ke dalam molekul polifenol. Melansir laman Healthline, flavonoid atau dikenal juga sebagai bioflavonoid pertama kali diekstraksi dari jeruk oleh ilmuwan pada 1930. 

Senyawa ini dianggap sebagai salah satu vitamin baru sehingga kemudian diberi nama vitamin P. Nama tersebut tidak lagi digunakan oleh para ilmuwan karena senyawa ini bukan vitamin. 

Flavonoid berperan memberikan warna pada beri, ceri, dan tomat. Senyawa ini juga terkandung di dalam kangkung, peterseli, seledri, teh hitam, apel, jeruk, dan lemon.

Baca Juga: Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan, Berapa Ribu langkah yang Efektif?

Dikutip dari laman Medical News Today, berikut ragam manfaat flavonoid untuk kesehatan tubuh.

1. Menjaga kesehatan otak

Konsumsi makanan yang kaya akan flavonoid dalam jangka panjang dapat menjaga kesehatan otak. Flavonoid bersifat antiinflamasi yang berperan mencegah sekaligus mengatasi peradangan kronis.

Flavonoid juga memiliki potensi untuk mengurangi risiko penurunan kognitif dan gangguan neurodegeneratif. Salah satu penelitian dalam Journal of Nutritional Science (2016) mengatakan bahwa flavonoid dapat menjaga kesehatan sistem enzim dan reseptor otak yang berkaitan dengan penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Fitonutrien ini bertindak sebagai antioksidan yang memberikan perlindungan pada sistem saraf dari gangguan yang menyebabkan penyakit Parkinson. Sementara pada penyakit Alzheimer, fitonutrien ini bekerja dengan mengurangi stres oksidatif, mencegah kerusakan neuron, hingga bertindak sebagai inhibitor kolinesterase.

2. Menjaga kesehatan jantung



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x