Kompas TV lifestyle tren

Tips Beli Hewan Kurban Sehat Jelang Iduladha, Jangan Segan Tanya Surat Kesehatan Hewan

Kompas.tv - 4 Juni 2024, 17:05 WIB
tips-beli-hewan-kurban-sehat-jelang-iduladha-jangan-segan-tanya-surat-kesehatan-hewan
Ilustrasi sapi kurban. (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jelang hari raya Iduladha, sejumlah umat muslim mulai mencari hewan kurban untuk disembelih sebagai perwujudan keimanan kepada sang Khalik.

Namun, umat muslim harus mencari hewan kurban yang baik dan sehat agar memenuhi syarat dan ketentuan dalam berkurban.

Berikut tips dari pedagang hewan kurban dan dokter yang biasa melakukan pengecekan kesehatan pada hewan-hewan ternak.

Menurut Taufan (43) selaku pedagang hewan kurban di Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat, hal pertama yang harus diperhatikan pembeli adalah umur hewan kurban itu sendiri.

Baca Juga: Tips Olah Daging Kurban agar Rendah Kolesterol dan Lebih Sehat, Rendam Daging dalam Air Es!

"Sudah masuk syarat atau belum. Kalau kambing itu di atas satu tahun, tapi kalau untuk domba minimal 6 bulan pun udah sah, udah masuk umur," kata Taufan mengutip Wartakotalive saat ditemui di lokasi penjualannya di ruas Jalan Swadarma Raya, Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat, Senin (3/6/2024).

Selain itu, lanjut Taufan, perlu diperhatikan kekokohan gigi dari hewan-hewan kurban tersebut.

Apabila hewan kurban itu memiliki gigi yang bersih dan kokoh, maka hewan itu layak dipilih. Akan tetapi apabila ada yang terkoyak, maka hewan itu menjadi tidak pas untuk dipilih.

"Sama lihat fisik sih intinya, kayak misalkan jalannya itu ada yang enggak normal. Sama maaf, kelaminnya itu kan ada yang cuman satu, ya kayak sanglir gitu, cacat bahasanya," jelas Taufan.

Oleh karena itu, ia berpesan agar masyarakat tidak terkecoh dengan penampakan fisik hewan kurban dari luar, tetapi harus benar-benar dipastikan kelayakannya.

Bahkan, Taufan meminta kepada masyarakat agar tak segan meminta pedagang hewan untuk memperlihatkan sertifikat layak uji kesehatan pada hewan kurban yang dipasarkannya.

"Jadi emang benar-benar harus teliti gitu, terkadang kan kita terkecoh sama penampakan, ternyata umurnya belum cukup besar, ternyata belum cukup umur," kata Taufan.

"Kedua, ada yang enggak normal di dirinya, ada yang kakinya bengkoklah atau apalah gitu," imbuh dia.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x