Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Makin Populer, Ini 7 Manfaat Peptide untuk Kecantikan Kulit

Kompas.tv - 4 Juni 2024, 11:19 WIB
makin-populer-ini-7-manfaat-peptide-untuk-kecantikan-kulit
Ilustrasi. Peptide dipercaya dapat menjaga kulit tetap awet muda dan sehat. (Sumber: Benzoix on Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Copper peptide atau peptida tembaga menjadi salah satu bahan produk kecantikan yang tengah digandrungi belakangan ini. Peptide dipercaya dapat menjaga kulit tetap awet muda dan sehat. 

Peptide juga dapat mempercepat penyembuhan luka. Molekul kecil ini terkenal karena kemampuannya yang luar biasa dalam memperbarui kulit. 

Dilansir laman National Institutes of Health, peptide adalah rantai asam amino yang dihubungkan bersama oleh ikatan peptide. Asam amino adalah bahan penyusun protein. 

Baca Juga: 5 Manfaat Cokelat untuk Kecantikan Kulit: Mencerahkan hingga Mencegah Jerawat

Protein seperti kolagen, elastin, dan keratin ada di kulit, rambut, dan kuku kita. Berikut ragam manfaat peptide untuk kecantikan kulit.

7 Manfaat Peptide untuk Kecantikan

Peptide disebut-sebut sebagai senyawa yang mampu bekerja layaknya botox. Bahan aktif ini biasanya tertulis pada label kemasan produk dengan nama palmitoyl

Berikut ragam manfaat peptide untuk kecantikan.

1. Memperkuat skin barrier

Skin barrier atau penghalang kulit merupakan pelindung kulit dari bakteri, sinar ultraviolet, polusi, dan racun lainnya. Skin barrier bisa rusak akibat pengelupasan kulit yang berlebihan, paparan polusi hingga kurang tidur.

Beberapa penelitian menunjukkan penggunaan produk perawatan kulit atau skincare yang mengandung peptide mampu memperkuat skin barrier, sehingga tidak mudah rusak akibat sinar UV dan polusi. 

2. Mengatasi jerawat



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x