Kompas TV lifestyle kesehatan

8 Manfaat Bawang Putih Tunggal, Cegah Kanker hingga Diabetes

Kompas.tv - 22 Februari 2024, 23:00 WIB
8-manfaat-bawang-putih-tunggal-cegah-kanker-hingga-diabetes
Bawang putih tunggal (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Bawang putih tunggal (Allium sativum) atau bawang lanang adalah jenis bawang putih yang hanya memiliki satu siung. Bawang jenis ini cukup berbeda, tidak seperti bawang pada umumnya yang memiliki beberapa siung.

Bawang putih tunggal memiliki bentuk bulat dan warnanya cenderung lebih putih. Jenis rempah ini juga dikenal memiliki khasiat yang lebih banyak dibandingkan bawang putih biasa.

Melansir laman National Institutes of Health, bawang putih tunggal dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Bawang putih tunggal memiliki berbagai senyawa bioaktif, antara lain senyawa organosulfur, saponin, senyawa fenolik, dan polisakarida. 

Baca Juga: Benarkah Rendaman Bawang Putih dan Madu Bisa Sembuhkan Flu dan Tingkatkan Imunitas?

Berikut manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan.

1. Menurunkan kadar kolestrol

Bawang putih tunggal mengandung senyawa allicin yang mampu menekan jumlah kolesterol total dalam tubuh. Bawang dapat menurunkan penyerapan kolesterol sehingga mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. 

Enzim yang dibutuhkan dalam biosintesis kolesterol seperti squalene monooxygenase dan HMG-CoA (3-hidroksi-3-metilglutaril-koensim A) dapat dihambat oleh senyawa allicin. Dengan mengonsumsi bawang putih tunggal secara berkala selama 4 minggu, setidaknya kadar kolesterol bisa turun hingga 12 persen.

2. Mengatasi flu

Kandungan sulfur dalam bawang putih tunggal dapat merangsang membran mucous di saluran pernapasan, Bau yang khas dari bawang putih membantu mengatasi penyumbatan hidung saat flu dan membantu mengeluarkan dahak.

Kandungan phytochemical bawang lanang juga bisa membunuh bakteri dan virus, termasuk penyebab flu. Senyawa allicin yang terkandung di dalam bawang putih tersebut dinilai dapat mengobati infeksi flu serta mengurangi gejalanya dalam waktu singkat.

3. Mencegah kanker



Sumber : Kompas TV, National Institutes of Health



BERITA LAINNYA



Close Ads x