Kompas TV lifestyle kesehatan

Simak, 5 Manfaat Air Rebusan Daun Singkong untuk Kesehatan: Salah Satunya Mendukung Program Diet

Kompas.tv - 14 November 2023, 23:03 WIB
simak-5-manfaat-air-rebusan-daun-singkong-untuk-kesehatan-salah-satunya-mendukung-program-diet
Ilustrasi Daun Singkong (Sumber: Alodokter via Tribun Cirebon)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Daun singkong adalah salah satu bahan lalapan yang sangat populer di Indonesia. Selain rasanya yang gurih dan lezat, daun singkong ternyata memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Daun singkong mengandung serat, karbohidrat, protein, dan asam amino esensial berupa; valin, leusin, llisin, isoleusin serta arganin.

Tidak hanya itu, kandungan isoflavon dalam daun singkong juga dipercaya dapat menyembuhkan stroke. 

Isoflavon adalah salah satu jenis flavonoid yang mampu mengobati stroke dengan cara menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Selain diolah menjadi makanan lezat, daun singkong juga dapat diolah menjadi air rebusan yang dapat dikonsumsi secara rutin di pagi hari.

Dari mendukung program diet hingga meningkatkan energi tubuh, berikut adalah beberapa manfaat dari air rebusan daun singkong seperti yang dikutip dari Intisari.Grid.id.

1. Mendukung Program Diet

Daun singkong mengandung rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat memberikan dukungan optimal untuk program diet. Kandungan proteinnya juga dapat membuatmu tetap kenyang dalam jangka panjang.

Baca Juga: 10 Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Dapat Menurunkan Tekanan Darah!

2. Antioksidan

Air rebusan singkong mengandung antioksidan yang digunakan untuk melawan radikal bebas, membantu tubuh membuang racun, membantu mencegah penyakit seperti kanker, serta menjaga kesehatan kulit.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Air rebusan daun singkong mengandung vitamin dan mineral yang dapat mendukung peningkatan kekebalan tubuh, dan membantu melawan berbagai infeksi.

Baca Juga: 7 Manfaat Air Rebusan Daun Jambu Biji untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

4. Penambah Darah

Kandungan zat besi dalam air rebusan daun singkong berperan penting dalam pembentukan sel darah merah yang dapat digunakan sebagai penambah darah.

5. Meningkatkan Energi Tubuh

Air rebusan daun singkong ternyata dapat meningkatkan energi tubuh secara alami, dan memberikan dorongan vitalitas yang dibutuhkan.

Baca Juga: Cek 7 Manfaat Air Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Mengatasi Asam Urat

Cara Membuat Air Rebusan Singkong

Rebuslah daun singkong bersama dengan 3 gelas air. Tunggu hingga air rebusannya mendidih dan menyusut menjadi 1 gelas. Jika air rebusannya sudah hangat, kamu dapat mengonsumsinya di pagi hari secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.


 



Sumber : Intisari.Grid.Id



BERITA LAINNYA



Close Ads x