Kompas TV lifestyle tren

Jangan hanya Pakai Air Keran, Ini 7 Cara Cepat dan Ampuh Basmi Cacing di Kamar Mandi

Kompas.tv - 25 Agustus 2023, 19:00 WIB
jangan-hanya-pakai-air-keran-ini-7-cara-cepat-dan-ampuh-basmi-cacing-di-kamar-mandi
Ilustrasi kamar mandi. Cara membasmi cacing di kamar mandi. (Sumber: gettyimages/KatarzynaBialasiewicz)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tahukah Anda bahwa kamar mandi dapat menjadi tempat berkembang biak bagi cacing saluran air? Terlihat sepele, tetapi cacing-cacing ini cukup mengganggu dan bikin geli. 

Beberapa cacing ini merupakan larva lalat yang bertelur di kamar mandi. Mereka senang berada di lingkungan lembab dalam rumah, seperti kamar mandi dan dapur, di mana mereka memakan bahan organik yang membusuk. 

Namun, jangan anggap remeh, karena mereka dapat menyebarkan bakteri berbahaya. Melansir Den Garden, berikut cara membasmi cacing di kamar mandi.

Baca Juga: 5 Aroma Bahan Alami yang Tidak Disukai Tikus, Bikin Rumah Aman dari Hewan Pengerat

Cara Membasmi Cacing di Kamar Mandi

1. Bersihkan Filter Saluran Pembuangan

Filter saluran pembuangan adalah tempat yang sering kali diabaikan. Padahal, ini adalah tempat favorit cacing berkembang biak. Pastikan Anda rutin membersihkan filter dari kotoran, rambut, dan partikel lainnya.

2. Pakai Air Panas

Air panas adalah sekutu Anda dalam memerangi cacing. Air panas mampu melonggarkan bahan organik yang menempel di permukaan saluran air, sekaligus membunuh cacing secara langsung.

3. Pembersih Bio-enzimatik

Pembersih jenis ini dapat memudahkan Anda dalam membersihkan saluran air. Mereka bekerja dengan melunakkan bahan organik, membuatnya lebih mudah untuk dihilangkan. 

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Usir Cicak di Kamar dengan Bahan Alami

4. Gunakan Baking Soda dan Cuka Putih

Bahan-bahan rumah tangga seperti baking soda dan cuka putih ternyata juga efektif dalam mengatasi masalah ini. Kombinasi dua bahan ini tidak hanya membersihkan saluran, tetapi juga membunuh cacing.

Anda dapat menuangkan campuran baking soda dan cuka putih ke saluran pembuangan air atau tempat-tempat munculnya cacing kamar mandi.


 

5. Manfaatkan Bahan Pemutih

Jika Anda mencurigai adanya telur lalat di sekitar permukaan dekat saluran, gunakan pemutih. Ini akan membantu membunuh telur-telur tersebut serta cacing yang bersembunyi di sekitarnya.

Membunuh telur-telur bisa jadi cara efektif agar cacing-cacing bisa dibasmi dengan sempurna.

Baca Juga: Ternyata Nyamuk Lebih Suka Warna Gelap dan Aroma Tubuh Tertentu, Ini Penjelasannya

6. Minyak Mineral sebagai Pelindung

Minyak mineral atau minyak parafin bisa digunakan untuk melapisi permukaan saluran yang jarang digunakan. Ini adalah langkah efektif untuk mengusir lalat dewasa yang biasanya bertelur di sana.

7. Kurangi Kelembapan Lingkungan

Lingkungan lembab adalah surga bagi lalat dan cacing. Dengan mengurangi kelembapan di kamar mandi, dapur, atau area lainnya, Anda dapat mengendalikan populasi mereka.

Demikian cara membasmi cacing di kamar mandi. Selamat mencoba.



Sumber : Den Garden



BERITA LAINNYA



Close Ads x