Kompas TV lifestyle tren

Ingin Rumah Bebas Nyamuk? Hilangkan dulu Jentiknya, Begini Cara Alami yang Bisa Dilakukan

Kompas.tv - 9 Agustus 2023, 10:30 WIB
ingin-rumah-bebas-nyamuk-hilangkan-dulu-jentiknya-begini-cara-alami-yang-bisa-dilakukan
Ilustrasi nyamuk. Cara yang paling efektif membasmi nyamuk adalah menyingkirkan jentiknya terlebih dahulu. (Sumber: SHUTTERSTOCK)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketika Anda ingin membasmi nyamuk di halaman rumah, mungkin Anda hanya memikirkan nyamuk dewasa yang sudah tumbuh. Padahal, cara yang paling efektif adalah menyingkirkan jentiknya terlebih dahulu.

Sebagai informasi, siklus hidup nyamuk dapat dibagi menjadi empat tahap, yakni telur, jentik, pupa, dan nyamuk dewasa. Dalam waktu satu minggu saja, telur nyamuk akan menetas menjadi jentik.

Dalam waktu 14 hari atau lebih, jentik akan tumbuh dan akhirnya menjadi pupa lalu nyamuk dewasa.

Baca Juga: Ternyata Cat Dinding Berpengaruh Usir Nyamuk di Rumah, Ini 6 Warna yang Efektif

Anda tak punya banyak waktu karena pertumbuhan atau daur hidup nyamuk begitu cepat. Untuk itu, simak penjelasan berikut untuk membasmi jentik nyamuk, seperti dirangkum dari Mosquito Magician.

Cara Membasmi Jentik Nyamuk

1. Buang semua genangan air

Nyamuk berkembang biak di air yang diam. Oleh karena itu, cara paling mudah untuk memusnahkan jentik nyamuk adalah dengan membuang genangan air di  halaman Anda. 

Pastikan untuk membuang air dari berbagai tempat seperti pot bunga, ember, penutup grill, tutup tempat sampah, bahkan pada mangkuk hewan peliharaan.

Baca Juga: 5 Tips Lindungi Bayi dari Gigitan Nyamuk di Dalam dan Luar Ruangan

2. Manfaatkan bahan di rumah

Gunakan bahan rumah tangga seperti sabun cuci, cuka apel, atau minyak zaitun. Ini mungkin tidak seefektif seperti menggunakan obat, tetapi lebih aman untuk digunakan.

Sabun cuci merupakan bahan yang beracun bagi serangga, termasuk nyamuk. Busa pada sabun bisa membunuh jentik nyamuk dalam satu hari.

Selain itu, cuka apel juga bisa menjadi alternatif jika digunakan dalam konsentrasi yang tinggi. Anda membutuhkan 15 persen cuka yang dicampur air.


3. Gunakan minyak esensial 

Minyak esensial adalah cara terbukti untuk mengusir nyamuk dan membunuh jentik nyamuk. National Institute of Health menyebutkan bahwa minyak esensial dapat menjadi bahan ramah lingkungan untuk membunuh jentik nyamuk.

Minyak esensial yang dapat Anda gunakan adalah minyak kayu manis, peppermint, dan citronella.

Baca Juga: Bikin Ruangan Wangi dan Cantik Pakai Lilin Aromaterapi Pengusir Nyamuk, Begini Caranya

4. Kurangi semak belukar

Mengurangi jumlah semak belukar di pekarangan adalah cara lain untuk mencegah jentik nyamuk di halaman Anda. Meskipun jentik berkembang biak di air, mereka juga dapat bersembunyi di tumbuhan atau sampah halaman berlebihan. 

Cara ini juga dapat mencegah nyamuk dewasa mencari tempat berlindung karena mereka biasanya menyukai tempat-tempat yang gelap seperti di semak belukar.



Sumber : Mosquito Magician



BERITA LAINNYA



Close Ads x