Kompas TV lifestyle kesehatan

Beda dengan Pilek, Ini 7 Tanda Anda Mulai Terserang Flu dan Batuk

Kompas.tv - 30 Mei 2023, 09:37 WIB
beda-dengan-pilek-ini-7-tanda-anda-mulai-terserang-flu-dan-batuk
Ilustrasi orang yang sedang terjangkit flu. (Sumber: Thinkstock/Wavebreakmedia Ltd)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Flu atau influenza merupakan salah satu kondisi kesehatan yang paling umum dijumpai di Indonesia. Umumnya, penyakit ini muncul saat perpindahan musim atau pancaroba. 

Sayangnya, flu kerap dipahami sebagai common cold atau pilek biasa. Mengenali gejala awal flu sangat penting untuk mendukung diagnosis dini dan melakukan pengobatan segera agar badan kembali pulih.

Gejala Awal Flu

Flu biasanya datang dengan cepat dibandingkan dengan common cold. Beberapa tanda dan gejala awal flu yang perlu Anda waspadai adaleh berikut sebagaimana dilansir Medical News Today.

Baca Juga: 30 Mei Hari Multiple Sclerosis Sedunia, Apa Itu? Ini Sejarahnya

  1. Pilek (hidung meler): Hidung meler atau tersumbat bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami flu, bukan hanya sekedar pilek biasa.
  2. Tenggorokan gatal atau sakit tenggorokan: Tenggorokan gatal atau sakit bisa menjadi indikasi bahwa tubuh Anda sedang melawan virus flu.
  3. Kelelahan: Jika Anda merasa lelah secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas, bisa jadi ini adalah gejala awal flu.
  4. Demam mendadak: Demam yang mendadak dan mencapai di atas 38 derajat Celcius sering kali menjadi tanda awal flu.
  5. Batuk: Batuk kering sering kali muncul di awal penyakit flu.
  6. Badan panas dingin atau menggigil: Flu biasanya datang dengan rasa dingin yang disertai dengan demam.
  7. Nyeri otot atau badan pegal-pegal: Nyeri otot dan rasa pegal di seluruh badan juga menjadi salah satu gejala awal flu.

Baca Juga: Jelang Iduladha, Masyarakat Perlu Waspadai Penyakit Lato-Lato yang Serang Sapi dan Kerbau

Cara Mengatasi Flu

Mengenali gejala flu adalah langkah pertama. Langkah selanjutnya adalah melakukan apa yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat proses penyembuhan dan mencegah penyebaran virus influenza yang sangat menular.


 

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba.

  1. Hindari Merokok: Merokok bisa mengiritasi paru-paru dan memperparah gejala flu. Jadi, jika Anda merokok, coba untuk berhenti selama Anda sakit.
  2. Mencuci Tangan: Cuci tangan Anda sesering mungkin dengan sabun selama setidaknya 20 detik. Ini akan membantu mencegah penyebaran virus.
  3. Makan Makanan Sehat: Makanan yang kaya buah dan sayuran akan membantu meningkatkan sistem imun tubuh Anda dan mempercepat penyembuhan.
  4. Tutup Mulut saat Batuk dan Bersin: Tutup mulut Anda saat batuk dan bersin, idealnya dengan tisu sekali pakai. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan lengan baju Anda.
  5. Perbanyak Minum Air Putih: Demam dapat membuat tubuh Anda kehilangan banyak cairan. Oleh karena itu, penting untuk memperbanyak konsumsi air putih.
  6. Istirahat Cukup: Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup. Ini sangat penting untuk mempercepat proses penyembuhan.

Baca Juga: Pengawasan Unggas Diperketat Cegah Flu Burung




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x