Kompas TV internasional kompas dunia

Hari Ini Jepang Gelar Pemilu Dini Untuk Pilih Parlemen Baru

Kompas.tv - 27 Oktober 2024, 07:30 WIB
hari-ini-jepang-gelar-pemilu-dini-untuk-pilih-parlemen-baru
Shigeru Ishiba, pemimpin partai berkuasa Jepang yang baru terpilih, Partai Demokrat Liberal (LDP), memberi isyarat selama konferensi pers setelah pemilihan kepemimpinan LDP, di Tokyo, Jumat, 27 September 2024. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

TOKYO, KOMPAS TV - Jepang akan mengadakan pemilu dini pada hari ini Minggu (27/10/2024), untuk memilih anggota parlemen di Dewan Perwakilan Rakyat, yang dikenal sebagai National Diet. Pemilu ini akan memperebutkan 465 kursi yang tersedia.

Dengan lebih dari 45.000 tempat pemungutan suara di seluruh penjuru Jepang, sekitar 105 juta pemilih yang berhak akan memberikan suara mereka.

Dalam pemilu kali ini, lebih dari 1.300 kandidat akan bersaing, termasuk jumlah rekor 314 calon perempuan yang ikut serta.

Setiap pemilih di Jepang akan memberikan dua suara: satu untuk memilih kandidat di daerah pemilihan satu kursi, dan satu lagi untuk memilih partai dalam sistem perwakilan proporsional. Jepang memiliki 289 distrik satu kursi dan 11 blok perwakilan proporsional. 

Untuk membentuk pemerintahan dengan mayoritas sederhana, sebuah partai atau koalisi membutuhkan 233 kursi.

Baca Juga: Pria Lempar Bom Molotov ke Markas Partai Berkuasa Jepang, Lalu Tabrakkan Mobil ke Kediaman PM

Dalam parlemen sebelumnya, Partai Demokratik Liberal (LDP) yang berkuasa memegang 256 kursi dari total 465, sementara mitra koalisinya, Partai Komeito, memiliki 32 kursi.

Partai LDP, yang telah mendominasi politik Jepang sejak 1955, diharapkan akan menghadapi tantangan yang lebih besar kali ini dari partai oposisi utama, yaitu Partai Demokrat Konstitusional Jepang (CDPJ).

Survei menunjukkan bahwa CDPJ, yang sebelumnya memiliki 98 kursi, dapat meraih hingga 140 kursi, yang berpotensi membuat LDP berada dalam posisi di mana koalisi dengan Komeito menjadi suatu keharusan, bukan hanya sekadar pilihan.

Baca Juga: Intelijen AS Tuding Rusia, Iran, dan China Berupaya Memecah Belah Warga Jelang Pemilu 5 November

Selain itu, kekuatan besar lainnya dalam parlemen sebelumnya, Partai Inovasi Jepang, memiliki 44 kursi, diikuti oleh Partai Komunis Jepang yang menguasai 10 kursi.

Pemilu mendatang ini diprediksi akan menjadi pertarungan yang sengit, memperlihatkan dinamika politik Jepang yang semakin menarik perhatian.


 




Sumber : Anadolu




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x