Kompas TV internasional kompas dunia

Zelenskyy Klaim Pasukan Korea Utara akan Diterjunkan oleh Rusia di Ukraina dalam Waktu Dekat

Kompas.tv - 25 Oktober 2024, 22:04 WIB
zelenskyy-klaim-pasukan-korea-utara-akan-diterjunkan-oleh-rusia-di-ukraina-dalam-waktu-dekat
Tentara Rusia membidik dari sebuah bunker di perbatasan Rusia-Ukraina di wilayah Kursk, Rusia, hari Kamis, 24 Oktober 2024. Pasukan Korea Utara dikabarkan akan segera dikerahkan Rusia di medan perang Ukraina pada akhir pekan ini, demikian klaim Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy hari Jumat, 25 Oktober 2024.  (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

KIEV, KOMPAS TV — Pasukan Korea Utara dikabarkan akan segera dikerahkan Rusia di medan perang Ukraina pada akhir pekan ini, demikian klaim Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy hari Jumat, (25/10/2024).

Pejabat Barat memperingatkan langkah ini dapat memicu eskalasi konflik yang telah berlangsung hampir tiga tahun dan berpotensi mengundang konsekuensi geopolitik hingga ke wilayah Indo-Pasifik.

Menurut Zelenskyy, intelijen Ukraina mengidentifikasi "pasukan militer pertama Korea Utara akan digunakan Rusia di zona pertempuran" antara hari Minggu dan Senin mendatang. 

Di platform Telegram, ia menyebut penempatan ini sebagai "langkah eskalasi yang jelas oleh Rusia." Namun, Zelenskyy tidak merinci lebih lanjut, termasuk lokasi kemungkinan penempatan pasukan Korea Utara.

Baca Juga: Putin Respons Tuduhan Barat Soal Tentara Korea Utara di Rusia: AS dan Barat yang Memulai

 

Pertempuran di Ukraina Timur Makin Sengit, Rusia Terus Mendominasi

Rusia melancarkan serangan intensif sepanjang musim panas di wilayah timur Ukraina, perlahan-lahan mendesak Kiev untuk melepaskan kendali wilayahnya. 

Namun, Rusia menghadapi tantangan dalam mengusir pasukan Ukraina dari wilayah perbatasan di Kursk setelah insiden yang terjadi hampir tiga bulan lalu.




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x