Kompas TV internasional kompas dunia

Korea Selatan Ancam Kirim Senjata ke Ukraina, Tanggapi Laporan Tentara Korea Utara Ada di Rusia

Kompas.tv - 22 Oktober 2024, 18:42 WIB
korea-selatan-ancam-kirim-senjata-ke-ukraina-tanggapi-laporan-tentara-korea-utara-ada-di-rusia
Tentara berbaris dalam parade peringatan 70 tahun berdirinya Korea Utara di Pyongyang, Korea Utara, pada 9 September 2018. (Sumber: AP Photo / KCNA)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

SEOUL, KOMPAS TV – Korea Selatan pada Selasa (22/10/2024), memperingatkan bahwa pihaknya dapat mempertimbangkan untuk mengirim senjata ke Ukraina sebagai respons terhadap dugaan pengiriman tentara Korea Utara ke Rusia. 

Pernyataan ini muncul setelah Korea Utara dan Rusia membantah adanya pergerakan pasukan tersebut.

Pernyataan Korea Selatan ini tampaknya dimaksudkan untuk memberikan tekanan kepada Rusia agar tidak melibatkan pasukan Korea Utara dalam perang melawan Ukraina. 

Pejabat Korea Selatan khawatir Rusia mungkin akan memberikan imbalan kepada Korea Utara berupa teknologi senjata canggih yang dapat memperkuat program nuklir dan misil yang mengancam Korea Selatan.

Dalam rapat darurat Dewan Keamanan Nasional, pejabat tinggi Korea Selatan mengecam dugaan pengiriman pasukan Korea Utara sebagai "ancaman serius terhadap keamanan" Korea Selatan dan masyarakat internasional. 

"Mereka menggambarkan Korea Utara sebagai kelompok kriminal yang memaksa pemuda-pemudanya menjadi tentara bayaran untuk perang yang tidak dapat dibenarkan," demikian menurut pernyataan resmi kantor kepresidenan Korea Selatan.

Para pejabat menyetujui untuk mengambil langkah-langkah balasan bertahap, menghubungkan tingkat respons mereka dengan kemajuan dalam kerja sama militer antara Rusia dan Korea Utara. 

Langkah-langkah ini mencakup opsi diplomatik, ekonomi, dan militer. Korea Selatan bahkan dapat mempertimbangkan untuk mengirimkan senjata defensif dan ofensif ke Ukraina, menurut seorang pejabat senior kepresidenan Korea Selatan dalam sebuah pengarahan kepada wartawan dengan syarat anonim.

Baca Juga: Korea Utara Bantah Kirim Pasukan untuk Bantu Rusia dalam Perang Ukraina: Rumor Tak Berdasar

Pejabat tersebut mengatakan bahwa Korea Utara kemungkinan besar berusaha mendapatkan teknologi canggih dari Rusia untuk menyempurnakan misil nuklirnya. 

Bantuan Rusia dalam upaya Korea Utara untuk memodernisasi sistem senjata konvensional yang ketinggalan zaman serta memperoleh sistem pengawasan berbasis ruang angkasa akan menjadi ancaman serius bagi keamanan Korea Selatan.

Sejak invasi Rusia ke Ukraina pada tahun 2022, Korea Selatan telah bergabung dengan sanksi yang dipimpin oleh AS terhadap Moskow dan memberikan bantuan kemanusiaan serta dukungan finansial kepada Kiev. 

Namun, Korea Selatan sejauh ini menghindari pengiriman senjata langsung ke Ukraina, sesuai kebijakannya untuk tidak memasok senjata ke negara yang sedang berkonflik.




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x