Kompas TV internasional kompas dunia

Xi Jinping Telepon dan Beri Selamat ke Prabowo: Mari Bangun Masa Depan Bersama China dan Indonesia

Kompas.tv - 20 Oktober 2024, 17:51 WIB
xi-jinping-telepon-dan-beri-selamat-ke-prabowo-mari-bangun-masa-depan-bersama-china-dan-indonesia
Presiden RI Prabowo Subianto bersama pendahulunya, Joko Widodo saat upacara pelantikan di gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024). (Sumber: Tatan Syuflana/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

BEIJING, KOMPAS.TV - Presiden China Xi Jinping menelepon Presiden RI Prabowo Subianto untuk memberi selamat usai upacara pelantikan di gedung DPR/MPR, Jakarta. Prabowo Subianto resmi menjadi Presiden Indonesia bersama Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden RI usai mengucapkan sumpah jabatan pada hari ini, Minggu (20/10/2024).

Dalam pembicaraan telepon tersebut, Xi Jinping menegaskan bahwa China dan Indonesia adalah "tetangga yang bersahabat". Sekjen Partai Komunis China itu pun menyebut hubungan kemitraan strategis antara kedua negara secara konsisten menguat belakangan ini.

Baca Juga: Puan Jelaskan Budi Gunawan dan Rencana Megawati Umumkan Sikap PDIP terhadap Pemerintah

Xi Jinping mengaku siap meningkatkan hubungan China-Indonesia selama kepemiminan Prabowo. Menurutnya, akan ada peluang-peluang baru selama era Prabowo untuk meningkatkan kerja sama bilateral China-Indonesia.

"Saya bersedia menjaga komunikasi strategis yang erat dengan Presiden Prabowo, memimpin pembangunan sebuah masyarakat dengan masa depan bersama antara China dan Indonesia ke tingkatan yang baru, dan menulis babak baru penuh kemandirian bersama, solidaritas dan kerja sama, saling menguntungkan, dan hasil sama-sama menang di antara negara-negara berkembang yang besar," kata Xi dikutip laman resmi Kementerian Luar Negeri China, Minggu (20/10).

Beijing diketahui mengirimkan Wakil Presiden Han Zheng untuk menghadiri upacara pelantikan Prabowo Subianto. Prabowo pun menyambut langsung tamu-tamu dari negara sahabat yang datang ke upacara pelantikan.

Usai pelantikan di gedung parlemen, Prabowo dijadwalkan akan menerima tamu-tamu negara sahabat di Istana Negara, Jakarta Pusat. Pada Minggu (20/10), terpantau Menteri Luar Negeri Inggris Raya David Lammy mendatangi Istana dan bertemu Prabowo.

Baca Juga: Adi Prayitno Ungkap Pengalaman dan Kemampuan Bahasa Prabowo Modal Diplomasi Kuat


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x