Kompas TV internasional kompas dunia

Drone Serang Kediaman Perdana Menteri Israel, Netanyahu Lolos dari Maut

Kompas.tv - 19 Oktober 2024, 16:39 WIB
drone-serang-kediaman-perdana-menteri-israel-netanyahu-lolos-dari-maut
Pasukan keamanan Israel mengamankan jalan dekat lokasi yang menurut pemerintah Israel menjadi sasaran peluncuran pesawat nirawak ke arah rumah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Caesarea, Israel, Sabtu, 19 Oktober 2024. (Sumber: AP Photo/Ariel Schalit)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

YERUSALEM, KOMPAS.TV - Pemerintah Israel mengatakan sebuah drone diluncurkan ke arah rumah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu di Caesarea pada Sabtu (19/10/2024), namun tidak menimbulkan korban jiwa. 

Baik Netanyahu maupun istrinya dilaporkan sedang tidak berada di rumah saat insiden terjadi. 

Dilansir The Associated Press, serangan drone ke rumah Netanyahu terjadi di pagi hari waktu setempat, diiringi suara sirene yang memperingatkan warga Israel akan adanya ancaman dari Lebanon.

Ini bukan pertama kalinya Netanyahu menjadi target serangan. Pada September lalu, kelompok Houthi dari Yaman juga meluncurkan rudal balistik ke arah Bandara Ben Gurion ketika pesawat Netanyahu hendak mendarat, namun berhasil dicegat oleh sistem pertahanan Israel.

Baca Juga: Pekerja Pelabuhan Yunani Blokir Pengiriman Amunisi ke Israel, Tolak Terlibat dalam Genosida di Gaza

Ketegangan antara Israel dan Hizbullah, sekutu Hamas yang didukung Iran, semakin meningkat dalam beberapa pekan terakhir. 

Hizbullah mengumumkan rencana untuk meningkatkan serangan mereka dengan mengirimkan lebih banyak rudal berpemandu dan drone eksplosif ke wilayah Israel.

Pada akhir September, Hassan Nasrallah, pemimpin Hizbullah, tewas dalam serangan udara Israel, memicu eskalasi lebih lanjut. 

Israel bahkan telah mengirim pasukan darat ke Lebanon dan melancarkan serangan udara ke negara tersebut.

Selain serangan drone ke kediaman Netanyahu, militer Israel melaporkan adanya sekitar 55 proyektil yang ditembakkan dari Lebanon ke Israel utara pada Sabtu pagi. 

Sebagian besar proyektil tersebut berhasil dicegat oleh sistem pertahanan Israel, dan tidak ada laporan korban jiwa.

Sementara serangan Israel menewaskan wakil komandan Hizbullah di Bint Jbeil, selatan Lebanon, Nasser Rashid. Israel menuduh Rashid memimpin serangan ke wilayahnya. 

Di Lebanon, Kementerian Kesehatan melaporkan dua orang tewas akibat serangan udara Israel yang menghantam sebuah kendaraan di jalan raya utara Ibu Kota Beirut, meski identitas korban belum diungkapkan.

Baca Juga: Hamas Konfirmasi Yahya Sinwar Tewas dalam Serangan Israel di Gaza




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x